Terputar

Title

Artist


Membangun Profesionalisme: Latihan Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-69 AGK dan Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-70 Stabilitas Kapal

Ditulis oleh pada Januari 6, 2024


AAL, Surabaya (3/1/2024)

Kolonel Laut (P) Cahyo Hendro Guritno, Kepala Departemen Pelaut Akademi TNI Angkatan Laut (Kadeppel AAL), memulai Latihan dan Praktek (Lattek) AGK untuk Taruna Tingkat IV Angkatan ke-69 dan Lattek Stabilitas Kapal untuk Taruna Tingkat III Angkatan ke-70. Acara pembukaan Lattek ini diselenggarakan di Gedung Bawean Departemen Pelaut, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, pada Rabu (3/1).

Lattek kali ini diikuti oleh 122 Taruna. Sebanyak 57 Taruna dari Angkatan ke-69 mengikuti Lattek AGK, sementara 65 Taruna dari Angkatan ke-70 mengikuti Lattek Stabilitas Kapal. Lattek berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 4 Januari hingga 9 Januari 2024.

Dalam amanatnya, Kepala Departemen Pelaut menyatakan bahwa Lattek ini bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna dengan mata kuliah latihan praktek Admin Game Kamla, sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang pelaksanaan prosedur kamla dan jarkalip yang telah mereka pelajari di kelas. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan tersebut saat mereka bertugas sebagai perwira divisi KRI. Selain itu, Latihan Praktek Stabilitas Kapal akan memberikan pengetahuan kepada para Taruna tentang teknik pemuatan dan gaya-gaya yang bekerja pada peralatan bongkar muat, serta pengaruh stabilitas terhadap kapal. Hal ini akan mempersiapkan mereka untuk melaksanakan tugas sebagai Perwira Devisi di KRI, serta mengembangkan kepribadian mereka sebagai kader pemimpin TNI Angkatan Laut.

Dalam waktu 5 (lima) hari ini, diharapkan latihan praktek dapat dilaksanakan dengan baik. Para Taruna diharapkan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien, demi tercapainya peningkatan kualitas dan ketrampilan dasar Taruna Tingkat II. Selain itu, penting untuk memperhatikan faktor keamanan sesuai dengan Standart Operation Procedure, guna menghindari kerugian baik dari segi personil maupun materi.

Di akhir amanatnya, Kadeppel AAL berharap agar latihan dan praktek Admin Game Kamla dan Stabilitas Kapal dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu, diharapkan para Taruna dapat memanfaatkan waktu dengan efektif, demi tercapainya peningkatan kualitas dan ketrampilan dasar Taruna Tingkat IV dan Taruna Tingkat III.