Terputar

Title

Artist


 Sebuah fosil tulang raksasa yang muncul dari tambang batu di Oxfordshire, Inggris pada akhir tahun 1600-an langsung menimbulkan teka-teki

Ditulis oleh pada Januari 5, 2024

Sebuah fosil tulang raksasa yang muncul dari tambang batu di Oxfordshire, Inggris pada akhir tahun 1600-an langsung menimbulkan teka-teki. Awalnya, fosil tersebut diperkirakan adalah gajah perang Romawi atau manusia raksasa.

Baru kemudian pada tahun 1824, William Buckland, profesor geologi pertama di Universitas Oxford mendeskripsikan dan memberi nama dinosaurus pertama yang diketahui, berdasarkan temuan fosil tulang rahang bawah, tulang belakang, dan tulang anggota badan yang ditemukan di tambang lokal tersebut.

Buckland menamai makhluk itu Megalosaurus, atau kadal besar.

Dalam makalah ilmiah yang ia presentasikan kepada Geological Society di London pada 20 Februari 1824, ia yakin Megalosaurus adalah karnivora yang tingginya lebih dari 12 meter, dengan panjangnya sebesar gajah.

Buckland memperkirakan hewan tersebut kemungkinan besar bersifat amfibi, sebagian hidup di darat dan air.

“Dalam beberapa hal, dia melakukan banyak hal dengan benar. Ini adalah sekelompok makhluk reptil raksasa yang telah punah. Ini adalah ide yang radikal,” kata Steve Brusatte, ahli paleontologi di Universitas Edinburgh dan penulis “ The Rise and Fall of the Dinosaurs: A New History of Their Lost World .”

“Kita semua tumbuh besar dengan menonton kartun dinosaurus dan film ‘Jurassic Park. Namun, bayangkan sebuah dunia masa lalu, di mana kata dinosaurus tidak ada, di mana konsep dinosaurus tidak ada, dan Anda adalah orang pertama yang menyadari hal ini hanya dengan melihat beberapa tulang besar yang ditemukan dari dalam bumi,” ujarnya.

Bahkan kata dinosaurus baru muncul 20 tahun setelah Megalosaurus ditemukan. Kata dinosaurus diciptakan oleh ahli anatomi Richard Owen, pendiri Museum Sejarah Alam di London, berdasarkan karakteristik yang ia identifikasi dalam penelitiannya terhadap Megalosaurus dan dua dinosaurus lainnya, Iguanodon dan Hylaeosaurus, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1825 dan 1833.

Makalah Megalosaurus mengukuhkan reputasi profesional Buckland di bidang geologi.

Sayangnya, pada saat itu, Megalosaurus dikalahkan dalam imajinasi publik dengan ditemukannya fosil lengkap reptil laut raksasa seperti ichthyosaurus dan plesiosaurus yang dikumpulkan oleh ahli paleontologi Mary Anning di Pantai Dorset Inggris.

Sayangya, tidak pernah ada kerangka lengkap Megalosaurus yang ditemukan.