Terputar

Title

Artist


Puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat terendam banjir di basemen Apartemen Serpong Garden, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang,

Ditulis oleh pada Desember 29, 2023

Puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat terendam banjir di basemen Apartemen Serpong Garden, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/12/2023). Pihak pengelola apartemen menyebut akan bertanggung jawab atas kerusakan kendaraan yang terendam banjir.

“Kita ada asuransi gedung, semuanya bisa diklaim, yang punya asuransi silakan ke asuransinya, itu ada biayanya kan, pasti diklaim. Prosedurnya kita harus ada foto saat terkena banjir, pada saat di bengkel kemudian data tenant, seperti unit, nama dan nomor telepon, agar kita bisa buat list untuk klaim asuransi ke gedungnya,” ujar Wulan, dari building manajemen apartemen tersebut.

Wulan mengatakan, banjir yang merendam parkiran basemen Apartemen Serpong Garden ini akibat adanya tanggul sungai di sekitar apartemen yang jebol saat hujan deras mengguyur Kabupaten Tangerang kemarin.

“Mobil yang terendam banjir mungkin ada sekitar 30 unit bisa lebih, kalau sepeda motor mungkin bisa lebih juga dari itu sekitar 50 unit, cuma kan motor yang penghuninya lagi keluar kota dikunci stang, kita usahakan untuk kita angkat dulu dari basemen,” katanya.

Kepala Bidang Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Agun Guntara mengatakan, tinggi banjir hingga mencapai satu meter membuat proses evakuasi terhambat.

Satu unit mobil damkar dan dua unit pompa air diterjunkan ke lokasi untuk menyedot air agar proses evakuasi yang nantinya dilakukan mobil derek milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang lebih mudah.

“Langkah BPBD mengirim unit mobil, karena debit air naik, kemudian kita bawakan hari ini pompa air. Alhamdulillah, air di basemen kini berangsur-angsur surut dibandingkan kemarin. Kemarin satu meter lebih, sekarang itu hanya 40 cm,” jelasnya.

Agun melanjutkan, agar banjir tidak lagi merendam basemen Apartemen Serpong Garden, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera memperbaiki tanggul sungai yang jebol.

“Langkah ke depannya perbaikan tanggul jebol itu, agar nanti ketika curah hujan di bulan Januari 2024 itu meningkat tidak lagi terjadi banjir,” pungkasnya.

Sebelumnya viral di media sosial, puluhan kendaraan terjebak banjir di parkiran basemen Apartemen Serpong Garden. Selain karena curah hujan tinggi, jebolnya tanggul sungai membuat banjir merendam hingga satu meter.