Terputar

Title

Artist


Para produsen smartphone Android berencana menaikkan produksinya pada 2024. Kabar ini dilansir dari Nikkei Asia, berdasarkan informasi dari sumber yang mengetahui produksi para produsen smartphone utama

Ditulis oleh pada Desember 24, 2023

Para produsen smartphone Android berencana menaikkan produksinya pada 2024. Kabar ini dilansir dari Nikkei Asia, berdasarkan informasi dari sumber yang mengetahui produksi para produsen smartphone utama.

Nikkei Asia, Sabtu (23/12/2023), memberitakan peningkatan produksi para produsen smartphone itu berkisar 6% hingga 9%. Kenaikan lebih besar akan terjadi pada segmen premium.

Samsung telah memberi tahu para pemasoknya bahwa mereka berencana untuk memproduksi lebih dari 240 juta ponsel pintar pada 2024 mendatang. Angka ini naik sekitar 9% dibandingkan perkiraan 2023.

Perusahaan tersebut berencana untuk meningkatkan produksi ponsel lipat andalannya sekitar 8% pada 2024 dibandingkan 2023. Selain itu, lini Galaxy A dan juga M yang memiliki harga lebih terjangkau diperkirakan akan mengalami pertumbuhan lebih dari 10%.

Sumber Nikkei Asia juga mengungkapkan, beberapa produsen ponsel pintar asal Tiongkok telah menyampaikan perkiraan yang positif kepada para pemasok mereka. Para produsen ponsel Android terlihat lebih percaya diri menjelang 2024.

Sementara itu, Oppo berencana untuk memproduksi sebanyak 150 juta unit pada 2024. Angka ini naik kebih dari 6% dibandingkan 2023 yang sekitar 141 juta.  Honor juga telah meminta lebih banyak dukungan dari pemasok pada 2024 seiring upaya ekspansi mereka ke luar negeri. Sedangkan Huawei yang mulai kembali mengirimkan ponsel pintar 5G memiliki rencana untuk memproduksi hingga 70 juta ponsel pada 2024.

Para analis memberikan pandangan yang moderat, dengan memperkirakan pertumbuhan pasar smartphone global pada 2024 sekitar 3% dibandingkankan 2023. Meskipun ada tanda-tanda pemulihan yang didorong oleh pasar negara berkembang, perbaikan kondisi makroekonomi, serta meningkatnya kepercayaan konsumen, tetapi masih ada ketidakpastian yang dihadapi oleh produsen ponsel pintar.

“Pasar ponsel pintar global diperkirakan akan tumbuh dengan margin yang kecil,” kata seorang analis dari Eugene Investment & Securities di Seoul.

Dengan berkembangnya teknologi AI generatif, diprediksi bahwa ponsel pintar yang dilengkapi dengan kemampuan AI generatif akan menyumbang sekitar 4% dari total pengiriman ponsel pada 2023, meningkat menjadi sekitar 8% pada tahun depan dengan tingkat penetrasi yang diperkirakan mencapai 40% pada 2027.