Terputar

Title

Artist


Polisi mengungkap Kim Dal Joong yang merupakan warga negara Korea Selatan sempat berbohong saat ditanya mengenai Tri Fattah Firdaus

Ditulis oleh pada Desember 19, 2023

Polisi mengungkap Kim Dal Joong yang merupakan warga negara Korea Selatan sempat berbohong saat ditanya mengenai Tri Fattah Firdaus (23), petugas imigrasi yang tewas di Apartemen Metro Garden, Karang Tengah, Tangerang, Banten.

Kasubdit Deteksus Bidfiskomfor Puslabfor Bareskrim Polri, Kompol Karya mengatakan, pemeriksaan itu menggunakan alat poligraf yaitu lie detector atau pendeteksi kebohongan.

“Pemeriksaan kita itu kita perlakukan si terperiksa dengan cara yang sangat humanis. Kita buat setenang mungkin kemudian kita lakukan wawancara. Wawancara itu kita gunakan untuk menggali dan menyamakan persepsi antara kita tim pemeriksa dengan si terperiksa,” kata Karya dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (18/12/2023).

Dikatakan Karya, terperiksa merupakan warga negara asing (WNA) dan menggunakan penerjemah yang telah memiliki legalitas.

Selanjutnya dari rangkaian pemeriksaan itu, pihaknya melakukan wawancara dan dilakukan pemasangan peralatan sensor deteksi yang diletakkan di beberapa titik anggota tubuhnya.

“Kita sampaikan pertanyaan kemudian dari hasil pertanyaan itu direspons oleh tubuhnya, hasilnya ditangkap oleh sensor yang telah kita pasangkan,” ucapnya.

Setelah itu keluar hasil dalam bentuk chart atau yang dinamakan poligraf. Hasil tersebut kemudian secara kolaborasi dianalisis secara secara menyeluruh dari setiap pernyataan yang disampaikan terperiksa. Semua pertanyaan berkaitan dengan kasus dugaan terperiksa  melakukan pembunuhan.

“Atau dalam kalimat di sini secara khusus yaitu dia menjatuhkan korban dari apartemen si terperiksa,” tutur Karya.

Kemudian ternyata semua jawabannya tidak. Akan tetapi dari sensor dan hasil grafik yang dibaca sensor, polisi menganalisis dan hasilnya menyimpulkan si terperiksa berbohong.

“Yang dalam bahasa penyidikan dia melakukan peristiwa atau tindakan pidana menjatuhkan korban sehingga menimbulkan korban meninggal dunia,” imbuhnya.