Terputar

Title

Artist


Gol tunggal yang dilesakkan Bagus Kahfi sudah cukup membawa Barito Putera memetik tiga poin atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Demang Lehman

Ditulis oleh pada Desember 18, 2023

Gol tunggal yang dilesakkan Bagus Kahfi sudah cukup membawa Barito Putera memetik tiga poin atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Minggu (17/12/2023).

Kemenangan kedelapan kalinya di Liga 1 ini membawa Laskar Antasari, julukan Barito Putera, naik tiga peringkat. Saat ini tim asuhan Rahmad Darmawan ini menempati posisi kedelapan dengan koleksi 32 poin. Jumlah ini sama dengan penghuni urutan ketujuh Rans Nusantara dan kesembilan Persija Jakarta.

Sementara bagi Arema FC ini adalah kekalahan ke-12 dan membuat mereka tercecer di zona degradasi. Tim asuhan Fernandi Valente ini masih berada di posisi ke-16 dengan 21 poin dari 23 pertandingan.

Dalam pertandingan pekan ke-23 ini  Barito Putera mengusung formasi 4-4-2 dengan menduetkan striker Devids dan Gustavo Tocantins di lini depan. Keduanya ditopang Bagas Kahfi sebagai sayap kanan dan Rizky Pora di sayap kiri. Bayu Pradana dan Mike Ott berkolaborasi sebagai gelandang di sentra lini tengah.

“Pada fase awal, jalannya pertandiingan tidak berlangsung dengan lancar karena beberapa pemain mengalami kehilangan momen, tetapi tantangan tersebut berhasil diatasi dengan cepat,” kata pelatih PS Barito Putera, Rahmad Darmawan, dalam konferensi pers di Martapura, Kalimantan Selatan, pada Minggu (17/12/2023) malam.

Pelatih yang akrab disapa RD ini menyebutkan bahwa kendala tersebut muncul karena beberapa pemain baru turun ke lapangan setelah absen dalam beberapa pertandingan sebelumnya.

“Emosi pemain lebih terkendali dibandingkan pertandingan sebelumnya, mereka mampu mengontrol permainan dengan baik,” tambah RD.

Sementara itu, Bagus Kahfi, pemain Barito Putera yang mencetak gol tunggal, menyatakan bahwa hasil tersebut merupakan buah dari kerja sama tim. Meskipun dirinya yang mencetak gol, dia menekankan bahwa kemenangan ini dicapai berkat kerja keras dan konsistensi tim.

Dalam pertandingan di depan 4.950 penonton, kedua tim tampil terbuka sejak babak pertama. Tuan rumah mengancam gawang tim tamu pada menit kedua melalui tendangan keras Gustavo Tocantins, tetapi bola melebar tipis di sisi kiri gawang.

Pada menit keenam, Barito Putera melakukan kesalahan di kotak penalti, tetapi tendangan Dedik dari Arema masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Barito, Ega Rizky.

Kedua tim saling serang, dengan lebih dari 10 peluang tercatat untuk masing-masing tim. Meskipun terjadi benturan-benturan akibat ketegangan pertandingan, tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Barito Putera akhirnya memecah kebuntuan pada babak kedua melalui gol Bagus Kahfi setelah menerima bola dari sayap kiri. Meskipun Arema mencoba membalas, tidak ada gol tambahan yang tercipta, dan pertandingan berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Barito Putera.

Dengan hasil ini, Barito Putera naik ke posisi delapan dalam klasemen sementara Liga 1 Indonesia, menggeser Persija Jakarta, dengan total 32 poin dari 23 pertandingan. Di sisi lain, Arema FC tetap berada di posisi ke-16 dengan 21 poin dari 23 pertandingan, termasuk lima kemenangan, enam kali imbang, dan 12 kali kekalahan.