Terputar

Title

Artist


Bayangkan sebuah mobil sangat kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam lift. Kini mobil terkecil dunia tersebut bisa menjadi milik Anda dengan dibuat sendir

Ditulis oleh pada Desember 18, 2023

Bayangkan sebuah mobil sangat kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam lift. Kini mobil terkecil dunia tersebut bisa menjadi milik Anda dengan dibuat sendiri.

Dikutip Yanko Design, Sabtu (16/12/2023), Peel P50, mobil produksi terkecil di dunia pada 1960-an, kini tersedia sebagai perangkat yang bisa dibuat sendiri (do it your self/DIY) dan bisa dikendarai.

Mobil ini awalnya diproduksi dengan ruang untuk satu orang dewasa dan satu tas belanja, lebih kecil dari skuter Vespa. Mobil ini tidak memiliki gigi mundur, sehingga mengandalkan pegangan di belakang untuk bermanuver manual.

Sebagai mobil terkecil di dunia, P50 menggunakan bodi fiberglass, berkapasitas mesin setara 49cc, dan beratnya hanya 300 pon (136 kilogram/kg). Bagi pecinta energi bersih, mobil ini juga tersedia dengan tenaga motor 4 kW dan mampu mencapai kecepatan 40 km per jam.

Mobil ini bisa dibuat sendiri (do it your self/DIY) dengan part roda, bodi, jok, roda kemudi, drive train, dan perlengkapan lain seharga US$ 15.000 (Rp 232 juta). Adapun waktu perakitan memerlukan sekitar 50 jam. Bagi yang tidak ingin membuat sendiri, versi rakitan lengkap juga tersedia.

P50 mobil terkecil di dunia bisa dirakit sendiri. - (Yanko Design./Yanko Design.)
P50 mobil terkecil di dunia bisa dirakit sendiri. – (Yanko Design./Yanko Design.)

Meskipun ukurannya kecil, replika P50 tidak mengurangi hal-hal utama, seperti suspensi, penerangan, klakson, rem, kaca spion, dan pintu tunggal ikonik di sisi kiri.  Mobil berukuran panjang empat setengah kaki dan lebar tiga seperempat kaki ini legal di sebagian besar tempat di Inggris, karena diklasifikasikan sebagai sepeda motor.

Meski harganya sedikit lebih mahal daripada rata-rata kendaraan roda dua, perangkatan perakitan mobil P50 dibanderol mulai US$ 15.435, sedangkan model rakitan lengkap sekitar US$ 19.389 (Rp 301 juta). Namun, untuk mendapatkan kesempatan mengendarai mobil terkecil di dunia, penawaran itu merupakan harga yang pantas untuk dibayar.

P50 modern telah diperbarui dengan gaya dan pilihan cat kontemporer.  Klasifikasinya sebagai skuter ringan menjadikannya legal di jalan raya.