Terputar

Title

Artist


Transformasi Hijau Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agus Gunawan mengungkapkan, untuk pengiriman paket atau barang di IKN

Ditulis oleh pada Desember 7, 2023

Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan menjadi gambaran sebuah smart city di Indonesia. Aktivitas masyarakatnya akan ditunjang oleh teknologi, termasuk untuk pengiriman barang.

Direktur Transformasi Hijau Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agus Gunawan mengungkapkan, untuk pengiriman paket atau barang di IKN, nantinya akan mengadopsi teknologi drone sebagai bagian dari penerapan sistem smart logistic.

“Penggunaan drone akan menggantikan kurir yang menggunakan motor yang umumnya digunakan oleh marketplace, ecommerce, atau pedagang online dalam mengantarkan pesanan kepada konsumen,” kata Gunawan di Jakarta, dilansir dari Antara, Rabu (6/12/2023).

Gunawan mengungkapkan, implementasi teknologi drone tersebut merupakan salah satu aspek dari sistem logistik pintar yang diterapkan di IKN. Selain drone, sistem logistik pintar juga melibatkan teknologi lain seperti smart label, sistem Internet of Things (IoT) dalam logistik, AI enhanced supply chain analytics, hingga teknologi pelacakan logistik atau logistic tracking system.

Konsep pengiriman barang atau logistik di IKN ini bertujuan untuk menciptakan sistem logistik yang efisien dan berdampak minim terhadap lalu lintas kota, sekaligus meningkatkan keselamatan transportasi.Pendekatan ini sesuai dengan strategi logistik masa depan, yang bertujuan mengelola pergerakan kargo dan barang di seluruh wilayah IKN dengan cara yang dapat mengurangi konflik dengan transportasi penumpang, meningkatkan pemanfaatan ruang, dan memberikan keuntungan komersial.