Terputar

Title

Artist


Setelah kembali menjabat sebagai CEO OpenAI, Sam Altman mengungkapkan alasan dirinya dipecat dan kemudian dipekerjakan kembali untuk memimpin perusahaan yang didukung Microsoft

Ditulis oleh pada Desember 4, 2023

Setelah kembali menjabat sebagai CEO OpenAI, Sam Altman mengungkapkan alasan dirinya dipecat dan kemudian dipekerjakan kembali untuk memimpin perusahaan yang didukung Microsoft itu.

Setelah berhari-hari mengalami kekacauan di ruang rapat perusahaan OpenAI, Sam Altman kembali menjabat sebagai CEO perusahaan kecerdasan buatan (artificial intellegent/AI) tersebut pada 30 November. Ia diangkat kembali setelah dipecat pada 17 November.

Dikutip dari Hindustan Times, Minggu (3/12/2023) dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Altman mengungkapkan alasan menerima kembali proposal dari dewan setelah dipecat sebagai CEO OpenAI. Ahli teknologi ini mengungkapkan bahwa dia terluka dan marah. Namun, akhirnya memutuskan untuk menerima posisi itu.

Ketika menerima kembali tawaran menjadi CEO OpenAI, Sam Altman mengungkapkan dirinya membutuhkan waktu untuk melupakan ego dan emosi. Akhirnya, dia memutuskan menerima kembali posisi itu.

“Tentu saja, saya sangat mencintai perusahaan ini karena telah mencurahkan seluruh tenaga selama 4,5 tahun terakhir. Kami membuat kemajuan besar dalam misi ini sehingga saya sangat peduli,” ujarnya dalam wawancara.

Dikeluarkan dari OpenAI pada 17 November, anggota dewan perusahaan mengatakan Altman dan manajemen puncak memiliki perbedaan pendapat mengenai keamanan AI. Dewan OpenAI mengatakan Sam tidak sepenuhnya berterus terang kepada dewan direksi.

Ketika ditanya mengapa dipecat dari OpenAI bulan lalu, Sam Altman tidak memberikan perincian keputusan internal tersebut. Dia hanya mengungkapkan menyambut baik penyelidikan independen atas pemecatannya, yang dipimpin Bret Taylor dari OpenAI.

Soal menerima posisi itu lagi, Altman mengatakan kepada The Verge, itu benar-benar menarik.  “Sabtu pagi, beberapa dewan menelepon saya dan bertanya apakah saya bersedia berbicara,” kata dia

Sam Altman dipecat sebagai CEO OpenAI pada 17 November. Hal tersebut diketahui publik setelah pembuat ChatGPT itu mengumumkan dalam sebuah blog. Greg Brockman dan tiga eksekutif senior perusahaan lainnya mengundurkan diri sebagai bentuk solidaritas, menyebabkan perselisihan di dewan direksi.

Beberapa hari kemudian, CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan Altman dipekerjakan sebagai kepala program penelitian AI di perusahaan tersebut.

Di tengah banyak direktur menolak kembalinya Sam Altman, dia ditawari kembali jabatan CEO di OpenAI. Anggioa dewan direksi barunya adalah Bret Taylor, Larry Summers, dan Adam D’Angelo.