Terputar

Title

Artist


Setelah dilakukan pencarian oleh tim gabungan, pada pukul 17.55 Wita ditemukan dua korban atas nama Asmira (35) dan Mariana (30) dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian pada pukul 19.45 wita, kembali ditemukan tiga korban terhimpit kapal juga dalam keadaan meninggal dunia. Ketiga korban ini bernama Hajjah Sofia (45), Siti Nadira (36), dan balita anak dari ibu Mariana (5) yang juga menjadi korban. Korban yang meninggal dunia langsung dievakuasi jenazahnya ke rumah duka di Pulau Pejenekang, Desa Matiro Deceng, Kecamatan Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel untuk kemudian dimakamkan secara layak. “Dengan ditemukannya seluruh korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat kembali ke instansi masing-masing,” tandasnya.

Ditulis oleh pada Desember 3, 2023

Tiga penumpang kapal penyeberangan KM Resky yang sebelumnya dinyatakan hilang akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Ketiga korban meninggal tersebut, yakni Hajjah Sofa, Sitti Nadira, dan seorang anak dari korban Mariana.

Dua korban tewas lainnya, yakni Asmirana (35 tahun) dan Mariana (30) dievakuasi dalam kondisi meninggal lebih dahulu. Total sebanyak lima penumpang yang meninggal dalam insiden tersebut.

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel mengatakan KM Resky tenggelam sekitar pukul 15.10 Wita. Kapal ini bermuatan 15 orang dengan rute Pulau Pajennekang menuju Pelabuhan Pangkep.

“Menurut laporan, KM Resky terkena hantaman ombak yang tinggi pada saat hujan yang mengakibatkan kapal oleng dan tenggelam. Sepuluh orang sempat diselamatkan oleh kapal-kapal nelayan yang melintas, sedangkan lima lainnya tidak tertolong,” ujarnya saat ditemui di kantornya di area Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023).

Menerima laporan tersebut, Basarnas Makassar segera menerjunkan enam penyelamat menuju lokasi dengan dilengkapi peralatan pertolongan di air.

“Kami terima info bahwa KM Resky tenggelam di perairan Pangkep sore tadi, kami langsung bergerak dengan mengerahkan 6 rescuer dari Basarnas Makassar dan enam ABK menggunakan kapal cepat menuju lokasi kejadian,” ungkapnya.

Setelah dilakukan pencarian oleh tim gabungan, pada pukul 17.55 Wita ditemukan dua korban atas nama Asmira (35) dan Mariana (30) dalam keadaan meninggal dunia.

Kemudian pada pukul 19.45 wita, kembali ditemukan tiga korban terhimpit kapal juga dalam keadaan meninggal dunia. Ketiga korban ini bernama Hajjah Sofia (45), Siti Nadira (36), dan balita anak dari ibu Mariana (5) yang juga menjadi korban.

Korban yang meninggal dunia langsung dievakuasi jenazahnya ke rumah duka di Pulau Pejenekang, Desa Matiro Deceng, Kecamatan Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Sulsel untuk kemudian dimakamkan secara layak.

“Dengan ditemukannya seluruh korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat kembali ke instansi masing-masing,” tandasnya.