Terputar

Title

Artist


Selama bertahun-tahun, laporan tentang kamera tersembunyi terus bermunculan dari seluruh dunia. Ketakutan juga kerap timbul saat menginap di hotel atau misalnya properti Airbnb

Ditulis oleh pada Desember 3, 2023

Selama bertahun-tahun, laporan tentang kamera tersembunyi terus bermunculan dari seluruh dunia. Ketakutan juga kerap timbul saat menginap di hotel atau misalnya properti Airbnb. Jangan-jangan sudah ada kamera tersembunyi di tempat tidur dan juga kamar mandi.

Bagi Anda yang khawatir akan difilmkan secara diam-diam saat menginap di hotel atau rental lainnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa keberadaan kamera, sehingga Anda bisa lebih tenang saat menikmati liburan. Dilansir dari Metro.co.uk, berikut ini cara mengidentifikasinya:

1. Langkah termudah untuk menemukan kamera tersembunyi bisa dengan cara kuno. Matikan semua lampu dan senter ponsel Anda ke sekeliling ruangan. Lakukan perlahan, dan perhatikan kilatan cahaya yang muncul dari lensa kamera.

2. Periksa benda yang dapat dengan mudah menyembunyikan kamera, seperti jam alarm, pancuran, atau detektor asap.

3. Khawatir tentang kaca spion dua arah? Ada beberapa cara untuk memeriksanya. Pertama-tama, perhatikan apakah cermin itu terangkat dari dinding untuk memeriksa bagian belakangnya. Kedua, lakukan uji kuku. Dengan cermin biasa, pastikan kuku dan pantulannya tidak bersentuhan. Jika bersentuhan, mungkin itu merupakan cermin dua arah.

4. Metode lainnya adalah mematikan semua lampu dan mengarahkan senter ke cermin. Jika Anda hanya melihat pantulan cahaya, kemungkinan besar itu adalah cermin biasa, tetapi jika itu cermin dua arah, Anda mungkin dapat melihat area di belakangnya.

5. Jika Anda memiliki akses ke WiFi di properti tersebut, lakukan pemindaian untuk melihat perangkat mana yang terhubung. Tetapi perlu diingat, properti mungkin memiliki lebih dari satu jaringan, dan tidak semua kamera harus online.

6. Apabila properti dilengkapi dengan perangkat rumah pintar, periksa tab kamera untuk memastikan apakah perangkat tersebut sedang dalam mode pemantauan.