Terputar

Title

Artist


Wing Udara 3 Puspenerbal Turut Sukseskan Sail Teluk Cenderawasih 2023

Ditulis oleh pada November 27, 2023

TNl AL-Dispen Puspenerbal (27/11/2023)
Wing Udara 3 Puspenerbal Biak, merasa bangga dan terhormat menjadi bagian yang turut menyukseskan event nasional Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023 ke-13 dalam kalender pariwisata Indonesia dengan melibatkan TNI Angkatan Laut.

“Dalam perhelatan bertaraf nasional ini, Wing Udara 3 Turut terlibat untuk kedua kalinya sebagai Komandan Satuan Tugas Udara (Dansatgasud), setelah sebumnya turut juga dalam kegiatan Sail Tidore 2022,” terang Komandan Wing udara 3 Puspenerbal Biak, Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah saat di temui di Mako Wing Udara 3 Biak Numfor, Senin (27/11/2023).

Danwing Udara 3 mengatakan bahwa TNl AL dalam hal ini Puspenerbal menurunkan 5 unsur pesawat udara yang terlibat dalam Sail teluk Cendrawasih 2023 diantaranya 2 pesawat Fix wing (CN 235 P -8303 dan King Air U-6401) dan 1 Helikopter Panther HS-1308.

Unsur udara ini katanya, gunakan sebagai sarana angkut personel dan materil, standby mendukung demo terjun frefall, evakuasi medis udara dan mendukung angkut VIP maupun VVIP.

Sebagai Dansatgasud, Danwing Udara 3 selalu mengikuti rangkaian mulai dari tahap persiapan hingga TFG, tahap pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan, penjemputan dan pengantaran pejabat VlP dan VVlP pada hari H dan pengakhiran.

Pada Hari H (23/11) lalu, pelaksanaan Sail Teluk Cendrawasih dibuka oleh Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, dihadiri Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KASAL Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dan pejabat tinggi lainnya.

Dihadapan Presiden RI, ditampilkan tarian-tarian sail teluk cendrawasih yang di iringi dengan harmoni devile Nusantara dan fashion show daur ulang biak beach karnaval yang melibatkan 1300 siswa sekolah dasar dan masyarakat yang berada di 4 kabupaten, Biak, Yapen, Waropen dan Sarmi.

Setalah itu dilanjutkan devile kapal kapal perang diiringi ratusan perahu nelayan tradisional dari 4 kabupaten berbendera merah putih melintas di depan podium serta aksi 30 peterjun payung dari TNI-Polri mendarat di hadapan Presiden Rl dan undangan.