Terputar

Title

Artist


Paus Fransiskus menjalani CT scan pada Sabtu (25/11/2023) di rumah sakit Gemelli, Pulau Tiberian

Ditulis oleh pada November 27, 2023

Paus Fransiskus menjalani CT scan pada Sabtu (25/11/2023) di rumah sakit Gemelli, Pulau Tiberian, Roma terkait gejala mirip flu yang dialaminya untuk memastikan tidak adanya risiko komplikasi paru-paru.

Menurut kantor pers Takhta Suci, hasil tes tersebut menunjukkan hasil negatif untuk risiko komplikasi paru-paru, dan ia kemudian kembali ke tempat tinggal Vatikan di Casa Santa Marta.

“Pada sore, Paus Fransiskus menjalani CT scan di Rumah Sakit Gemelli untuk memeriksa risiko komplikasi paru-paru. Hasil tes menunjukkan hasil negatif, dan Paus kembali ke Casa Santa Marta,” demikian pernyataan tersebut.

Ketika berusia 21 tahun, Paus Fransiskus mengalami pleuritis, peradangan pada jaringan di sekitar paru-paru, yang mengakibatkan operasi untuk mengangkat tiga kista paru-paru dan sebagian kecil dari paru-paru kanannya bagian atas.

Sebelumnya pada Sabtu, Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni, mengumumkan bahwa audiensi Paus untuk hari itu tidak akan berlangsung.

“Audiensi Paus yang dijadwalkan pada pagi ini dibatalkan karena kondisi flu ringan,” demikian bunyi keterangan Takhta Suci.

Paus Fransiskus yang akan berusia 87 tahun pada 17 Desember mendatang dijadwalkan melakukan perjalanan ke Dubai untuk konferensi COP28 tentang perubahan iklim pada awal Desember.