Terputar

Title

Artist


Dunia kuliner Indonesia sekali lagi mencatatkan prestasi gemilang dengan enam hidangan berkuah khas Tanah Air.

Ditulis oleh pada November 19, 2023

Dunia kuliner Indonesia sekali lagi mencatatkan prestasi gemilang dengan enam hidangan berkuah khas Tanah Air. Pasalnya hidangan berkuah tersebut berhasil meraih posisi dalam daftar sup terenak di dunia versi Taste Atlas.

Dalam postingan terbaru di akun Instagram Taste Atlas Jumat (17/11/2023), enam hidangan berkuah Indonesia yang mendapat pengakuan tersebut adalah rawon, soto betawi, coto makassar, soto lamongan, bakwan malang, dan konro.

Rawon berhasil menempati peringkat kedua dalam daftar sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Hidangan ini berhasil mengungguli berbagai hidangan berkuah lezat dari seluruh dunia, termasuk chicken pho dari Vietnam dan banyak lagi.

Selanjutnya, soto betawi menduduki posisi ke-10 dalam daftar tersebut. Hidangan ini merupakan sajian berkuah yang menggunakan santan atau susu, dicampur dengan daging sapi, tomat, dan emping untuk memberikan cita rasa yang khas.

Coto makassar dan bakwan malang juga meraih tempat dalam daftar ini. Coto makassar, hidangan khas makassar yang sangat menggoda lidah karena sajian jeroan sapi yang disajikan dalam kuah kaldu lezat.

Sementara itu, bakwan malang merupakan bakso yang umumnya ditemukan di kawasan Jawa Barat, disajikan dengan tahu dan pangsit goreng yang menggugah selera.

Tak ketinggalan, soto lamongan dan konro juga menyumbangkan prestasi. Soto lamongan menempati peringkat 40, mengalahkan turtle soup dari Amerika Serikat dan caldo de pollo dari Italia. Sedangkan konro berhasil meraih peringkat 46, mengungguli kelezatan sup caldo de costilla dari Colombia dan kreatosoupa, sup dari Yunani.

Keberhasilan ini bukan kali pertama bagi kuliner Indonesia meraih prestasi internasional. Sebelumnya, sate juga berhasil masuk dalam daftar makanan terpopuler di dunia versi World of Statistics.