Terputar

Title

Artist


 PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), perusahaan induk di sektor pertambangan mineral dan energi, milik konglomerat Prajogo Pangestu memperluas bisnisnya dengan melakukan akuisisi perusahaan kontraktor pertambangan, PT Petrosea Tbk (PTRO) milik Haji Robert

Ditulis oleh pada November 8, 2023

 PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), perusahaan induk di sektor pertambangan mineral dan energi, milik konglomerat Prajogo Pangestu memperluas bisnisnya dengan melakukan akuisisi perusahaan kontraktor pertambangan, PT Petrosea Tbk (PTRO) milik Haji Robert.  

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan dan dikutip Investor Daily, Selasa (7/11/2023), aksi itu dieksekusi PT Kreasi Jasa Persada (KJP), anak usaha  Petrindo Jaya Kreasi dengan kepemilikan 99,98%. “Negosiasi pengambilan saham PTRO dilakukan berdasarkan perjanjian pembelian saham bersyarat (PPSB) pada 7 November 2023,” kata keterangan tersebut.

Perjanjian itu dibuat dan ditandatangani Kreasi Jasa Persada sebagai pembeli dan PT Caraka Reksa Optima sebagai penjual. Nantinya Kreasi Jasa Persada akan membeli sebanyak 342,92 lembar saham atau mewakili 34% dari keseluruhan modal disetor dan ditempatkan PTRO.

Rencana transaksi akan berlaku efektif setelah dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan sebagaimana yang disetujui dan ditetapkan di dalam perjanjian pembelian saham bersyarat (PPSB).

“Tujuan pengendalian, antara lain untuk menambah aset KJP dan CUAN, serta memperluas jaringan usaha serta sebagai bagian dari rencana pengembangan usaha jangka panjang group CUAN untuk menjadi perusahaan pertambangan terintegrasi,” jelas manajemen.

Adapun sebelumnya, perusahaan milik Prajogi Pangestu ini mengakuisisi anak usaha milik Arsjad Rasjid, PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) melalui perjanjian jual beli berysarat. Dalam perjanjian itu CUAN mengakuisisi 100% saham MUTU atau setara dengan 2.263.030.000 saham, senilai US$ 218 juta.