Terputar

Title

Artist


Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), Usman Sidik, meninggal dunia saat bermain sepak bola dalam acara pembukaan Bupati Cup

Ditulis oleh pada November 7, 2023

Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), Usman Sidik, meninggal dunia saat bermain sepak bola dalam acara pembukaan Bupati Cup, ketika ikut dalam pertandingan ekshibisi bersama tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Halsel, Minggu (5/11/2023).

Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, yaitu Usman Sidik, jatuh dan kehilangan kesadaran saat bermain sepak bola, kemudian segera dilarikan ke RSU Marabose Kabupaten Halsel, dan dinyatakan meninggal dunia pada usia 50 tahun.

“Sekitar pukul 18.40 WIT, Bupati meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSU Marabose saat bermain sepak bola di lapangan Gelora Bahrain Kasuba,” ungkap Samsuddin Sidik, adik kandung Bupati Usman Sidik, melalui pesan WhatsApp dari Ternate, Minggu.

Bupati Usman Sidik meninggal dunia setelah pingsan saat ikut bermain bola dalam pembukaan turnamen Bupati Cup II di lapangan Gelora Bahrain Kasuba.

Pada saat itu, Bupati Halsel, Usman Sidik, berperan sebagai kapten tim PWI Kabupaten Halsel dengan nomor punggung 18, yang memperkuat tim tersebut, sedangkan Wakil Bupati Halsel, Bassam Kasuba, menjadi kapten dari Pemkab Halsel dalam pertandingan pembukaan Piala Bupati Cup tahun 2023 di lapangan Gelora Bahrain Kasuba, Labuha Halmahera Selatan.

Wabendum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini tiba-tiba jatuh di tengah lapangan dan kehilangan kesadaran, kemudian Usman Sidik segera dilarikan ke RS Labuha menggunakan ambulans yang masuk ke tengah lapangan.

Bupati Halsel, yang juga merupakan mantan wartawan RCTI di biro Maluku Utara, direncanakan akan dikebumikan di Kota Ternate.

Ketua PWI Malut, Asri Fabanyo, menyatakan rasa dukacita atas berita meninggalnya Bupati Halsel, Usman Sidik.

“Kami merasa sangat terpukul atas berita meninggalnya Bupati Halsel Usman Sidik. Selain sebagai pejabat, Usman juga merupakan seorang senior bagi teman-teman wartawan. Sebelum memulai karier politiknya, beliau merupakan wartawan senior yang berkiprah di biro Maluku Utara RCTI,” kata Asri Fabanyo.

Bupati Usman Sidik lahir pada 13 April 1973 dan merupakan seorang politisi Indonesia. Usman Sidik menjabat sebagai Bupati Halmahera Selatan pada periode 2021-2024. Usman lahir di Orimakurunga Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, sebagai anak kedua dari tujuh bersaudara.

Pada masa SMP, Usman telah bekerja sebagai buruh kasar, dan melanjutkan pendidikan di SMA Muhammadiyah Kota Ternate. Dia sempat bekerja sebagai buruh di Pelabuhan Bastiong. Kemudian, Usman bekerja di bagian penanaman pohon kayu di PT. Barito Pasific Timber Group, Sidangoli.

Usman Sidik kemudian melanjutkan kariernya dengan menjadi kontributor di beberapa stasiun televisi nasional, termasuk TPI dan RCTI. Almarhum juga mendirikan media cetak harian yang bernama PT Seputar Malut.