Terputar

Title

Artist


Kebakaran hutan melanda Taman Nasional Gunung Merbabu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Ditulis oleh pada Oktober 28, 2023

Kebakaran hutan melanda Taman Nasional Gunung Merbabu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (27/10/2023) pagi. Sampai malam ini, api masih belum berhasil dipadamkan, dan asap dari kebakaran tersebut masih membubung tinggi.

Hutan yang terbakar utamanya terdiri dari hutan pinus yang berada di pinggir jurang yang curam. Angin kencang membuat petugas kesulitan dalam upaya pemadaman api.

Sejumlah pihak, termasuk petugas dari Taman Nasional Gunung Merbabu, BPBD, relawan, TNI, Polri, hingga masyarakat setempat, berusaha keras untuk memadamkan api dengan menggunakan alat sederhana seperti ranting pohon untuk memukul api dan membuat sekat agar api tidak menyebar.

Kebakaran hutan ini telah mengakibatkan terbakarnya saluran pipa air bersih warga dan lahan pertanian. Asap dari kebakaran juga mulai mengarah ke pemukiman warga.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 1, Chomsatun Rohmaningrum, menyatakan terdapat dua titik api dari kebakaran hutan tersebut di Taman Nasional Gunung Merbabu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

“Titik api pertama terlihat sekitar pukul 08.30 WIB di daerah Sokowolu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, kemudian titik api kedua terletak di Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan,” kata Chomsatun kepada Beritasatu.com pada Jumat (27/10/2023).

Pihaknya telah melakukan pengecekan dan upaya pemadaman api bersama dengan warga sekitar. Namun, kendala yang dihadapi adalah angin yang cukup kencang dan medan yang terjal, terutama di area jurang, sehingga pemadaman api belum dapat dilakukan secara maksimal.

Hingga saat ini, api masih terus menjalar dalam hutan Taman Nasional Gunung Merbabu karena terkendala oleh angin yang kuat.

“Tim relawan terakhir dari atas sudah mencoba memadamkannya, tetapi karena angin yang kencang dan arah angin yang berubah-ubah, upaya pemadaman malam ini dihentikan dulu,” paparnya.

Chomsatun menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu.

“Kami belum dapat memastikan luasnya karena api masih terus bergerak. Sebagian besar pohon yang terbakar adalah pohon pinus. Titik api mulai dari bawah dan menjalar ke atas,” tambahnya.