Terputar

Title

Artist


Sesuai namanya, Google Find My Device adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda melacak perangkat yang hilang atau dicuri. Tidak sekadar pelacakan perangkat, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur untuk memudahkan menemukan perangkat yang hilang

Ditulis oleh pada Oktober 21, 2023

Mungkin Anda pernah berada dalam situasi telepon seluler (ponsel) tidak dapat ditemukan, tetapi tidak ada respons saat dihubungi. Dalam situasi seperti ini, Google Find My Device bisa menjadi solusi.

Sesuai namanya, Google Find My Device adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda melacak perangkat yang hilang atau dicuri. Tidak sekadar pelacakan perangkat, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur untuk memudahkan menemukan perangkat yang hilang.

Cara menggunakan aplikasi Google Find My Device
Dilansir dari Gizchina, Jumat (20/10/2023), sebelum menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, perangkat yang ingin dilacak harus terhubung ke akun Google Anda. Kedua, untuk memaksimalkan fungsi dari Google Find My Device, perangkat tersebut harus terhubung ke internet.

Koneksi internet adalah kunci untuk mendapatkan lokasi perangkat secara real-time. Meskipun jika perangkat tidak terhubung, Anda masih akan menerima informasi lokasi terakhir yang diketahui oleh aplikasi.

Setelah masuk ke aplikasi Google Find My Device, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung ke akun Anda. Beberapa nama mungkin terdengar asing, karena aplikasi sering menggunakan nomor model perangkat, bukan nama sebenarnya.

Namun, dalam kebanyakan kasus, aplikasi akan memberikan Anda informasi yang cukup untuk mengidentifikasi perangkat yang dicari. Mengenai akurasi, tampilan peta dalam aplikasi Google Find My Device umumnya dapat diandalkan. Ini dapat membantu Anda menemukan perangkat Anda, bahkan hingga ke ruangan dalam rumah.

Putar Suara
Di bawah panel informasi, ada opsi untuk memutar suara. Opsi ini sangat berguna jika Anda kesulitan menemukan perangkat Anda. Ketika Anda mengaktifkannya, Google Find My Device akan memutar nada dering standar, membantu Anda menemukan perangkat Anda bahkan jika dalam mode senyap.

Lihat Rute
Aplikasi Google Find My Device juga menyediakan opsi Lihat Rute. Ikon ini akan membawa Anda ke Google Maps dengan koordinat lokasi perangkat Anda untuk membantu menemukan perangkat yang hilang.

Amankan Perangkat yang Hilang
Jika Anda khawatir perangkat Anda telah jatuh ke tangan yang salah dan data pribadi Anda terancam, Google Find My Device menawarkan opsi keamanan. Anda dapat mengunci perangkat dengan pola atau PIN Anda, dan juga mengeluarkannya dari akun Google Anda. Dengan cara ini, bahkan jika orang lain memiliki akses fisik ke perangkat Anda, mereka tidak akan dapat mengakses data pribadi Anda, seperti kontak, file, dan dokumen yang terkait dengan akun Google Anda

Jika Anda yakin perangkat yang hilang tidak bisa lagi kembali, aplikasi ini juga memiliki opsi yang berguna untuk mengatur ulang perangkat ke factory reset, yang akan menghapus semua data dari perangkat dan mengembalikannya ke pengaturan awal. Hal ini akan membantu menjaga keamanan data yang tersimpan di perangkat Anda.

Google Find My Device
Google Find My Device

Panel Informasi
Di bawah peta, Anda akan menemukan panel informasi. Panel ini akan memberikan Anda detail tentang perangkat yang Anda lacak, seperti nama perangkat, tingkat baterai, dan jaringan WiFi yang sedang digunakan.