Terputar

Title

Artist


 Seri MotoGP Australia akan mengalami perubahan jadwal karena cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di Phillip Island

Ditulis oleh pada Oktober 21, 2023

Seri MotoGP Australia akan mengalami perubahan jadwal karena cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di Phillip Island pada Minggu (22/10/2023). Penyelenggara MotoGP Australia memindahkan balapan utama ke Sabtu (21/10/2023), sedangkan balapan Sprint yang sejatinya berlangsung sehari sebelum balapan utama, diselenggarakan pada Minggu (22/10/2023).

Sesi latihan pada Jumat (20/10/2023) berlangsung dalam kondisi cerah dan hangat, tetapi angin kencang dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam diprediksi akan melanda sirkuit pantai ini pada Minggu, dengan perkiraan hujan mencapai 70-80% dan suhu yang sangat dingin.

Pembalap dari tim Pramac Racing Johann Zarco menjadi salah satu pembalap yang menyarankan untuk menukar jadwal balapan antara balapan utama dan sprint. Keputusan penukaran jadwal akhirnya diambil, setelah konsultasi antara Dorna Chief Sporting Officer, Carlos Ezpeleta, dan Australian Grand Prix Corporation, dengan fokus utama pada keselamatan para pembalap dan penonton.

Dalam pernyataannya, Dorna mengonfirmasi perubahan jadwal tersebut dengan alasan keamanan, yang selalu menjadi prioritas utama dalam setiap keputusan yang diambil. Mereka menegaskan bahwa dengan mengamankan balapan utama MotoGP pada Sabtu, mereka dapat memberikan pertunjukan yang aman dan optimal bagi semua peserta dan penggemar yang akan hadir di Sirkuit Phillip Island.

Mantan pembalap MotoGP yang kini menjadi anggota Race Direction Dorna, Loris Capirossi menilai hujan bukanlah masalah utama dalam balapan. “Masalahnya adalah angin. Di sini, angin dapat berubah arah dengan sangat cepat,” katanya.

Dengan demikian, Sabtu akan menjadi hari yang sangat sibuk bagi para pembalap MotoGP dengan jadwal yang padat. Mereka akan memulai dengan sesi latihan bebas, diikuti oleh sesi kualifikasi, dan kemudian menyelesaikan hari dengan balapan sepanjang 27 putaran pada sore harinya.

Meski demikian, balapan Moto3 dan Moto2 akan tetap mengikuti jadwal pada hari Minggu. Begitu pula sesi pemanasan MotoGP masih dijadwalkan pada Minggu pagi.