Terputar

Title

Artist


Berikut daftar platform AI yang bisa membuat PPT, lengkap dengan cara menggunakannya.

Ditulis oleh pada Oktober 19, 2023

Saat ini, teknologi Artificial Intelligence (AI) banyak digunakan untuk menunjang aktivitas manusia, bahkan membuat Presentasi Power Point atau PPT yang sempurna hanya dalam hitungan menit.

Dengan bantuan perangkat lunak dan platform AI, mereka yang tidak memiliki keahlian mendesain, bisa membuat PPT dengan mudah dan cepat. Berikut daftar platform AI yang bisa membuat PPT, lengkap dengan cara menggunakannya.

1. Beautiful.ai
Beautiful.ai adalah platform AI yang bisa membuat presentasi inovatif. Platform pembuat PPT ini sangat ideal bagi Anda yang ingin membuat presentasi dan laporan dengan cepat, tanpa membuang waktu.

Pengguna cukup menuliskan ide dan referensi pada Beautiful.ai, maka platform tersebut akan langsung menyusun dan mendesain presentasi sesuai perintah. PPT yang sudah jadi masih bisa diedit oleh pengguna.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama pengguna harus mendaftar di Beautiful.ai, lalu pilih desain templat PPT. Kemudian tambahkan bahan presentasi ke slide, bisa berupa teks, gambar, ikon, bagan, peta, hingga video.

Sesuaikan presentasi dengan mengubah tema, gaya, dan transisi. Beautiful.ai akan mulai mendesain PPT. Setelah PPT selesai dibuat, pengguna bisa pratinjau dan membagikan hasil presentasi secara online.

2. Gamma

Gamma adalah salah satu pembuat PPT AI paling populer dan banyak digunakan. Platform ini akan membuat PTT melalui teks atau ide yang dikirimkan pengguna. PPT yang dibuat Gamma juga dilengkapi dengan bagan, grafik, gambar, dan elemen visual lainnya.

Setelah Gamma selesai membuat PPT sesuai dengan perintah, pengguna masih bisa menambahkan banyak elemen. Gamma dilengkapi fitur memberikan umpan balik melalui komentar.

Untuk menggunakan Gamma, pengguna diwajibkan untuk melakukan pendaftaran sebelum masuk. Setelah berhasil masuk, pengguna bisa memilih opsi “Create New”, lalu akan muncul pilihan “Generate” dan “Text Transform”.

Opsi Generate untuk membuat PPT berdasarkan draft dokumen atau webpage, sementara Text Transform untuk membuat PPT berdasarkan perintah yang ditulis langsung. Setelah memilih salah satu opsi, akan muncul tiga pilihan lagi, yaitu presentationdocument, dan webpage, bisa dipilih sesuai kebutuhan. Lalu, masukan topik presentasi. Gamma akan langsung membuat PPT berdasarkan informasi yang dimasukan pengguna.

Menariknya, Gamma akan menambahkan penjelasan untuk mempermudah pengguna dalam menjelaskan isi PPT. Setelah Gamma selesai membuat PPT, pengguna bisa langsung mempresentasikannya.

3. Kroma.ai

Platform AI selanjutnya yang bisa membuat PPT adalah Kroma.ai. Kroma.ai merupakan platform AI presentasi berbayar yang banyak digunakan oleh perusahaan raksasa seperti, Apple, dan eBay. Kroma.ai menyediakan templat ekslusif yang menarik, sehingga banyak digunakan untuk menarik pelanggan dalam bisnis.

Cara menggunakan Kroma.ai cukup mudah. Persis dengan platform pembuat PPT berbasis AI lainnya, pengguna wajib mendaftar. Setelah daftar, pengguna bisa langsung memulai lembar kerja baru. Pilih opsi untuk membuat presentasi otomatis. Setelah itu, masukkan perintah atau isi konten untuk bahan presentasi. Kroma.ai akan langsung mengolah data tersebut menjadi PPT yang menarik.

Kroma.ai memiliki fitur yang akan menampilkan data dengan bagan dan tabel. Fitur ini juga mencangkup perpustakaan gambar, ikon, dan video yang sesuai dengan isi presentasi, serta menyediakan opsi untuk menyertakan logo dalam presentasi.

4. Decktopus AI

Decktopus AI adalah salah satu platform AI pembuat PPT yang paling mudah digunakan. Decktopus AI juga akan langsung membuat PPT berdasarkan perintah penggunanya. Decktopus AI menyediakan akses ke foto, ikon, GIF (Graphics Interchange Format), bahkan quotes. Semua fitur terintegrasi ke jendela editor dan siap digunakan.

Decktopus AI mematok tarif bulanan sebesar US$ 10 atau setara dengan Rp 158 ribu. Platform ini juga menawarkan versi gratis dengan pembatasan fitur.

Untuk menggunakannya, pengguna perlu daftar dan masuk. Pada beranda, pengguna akan langsung disajikan beberapa pilihan, jika ingin membuat presentasi secara otomatis, pilihlah opsi “Use Decktopus AI” dan masukan bahan presentasi.

Setelah itu, pengguna bisa memilih templat yang mempersonalisasikan sesuai keinginan, seperti logo, warna, font, dan lainnya. Langkah terakhir pilih “Generate Presentation”, dalam beberapa menit PPT akan siap untuk digunakan.