Terputar

Title

Artist


Mobil listrik tengah menjadi perhatian karena diklaim sebagai alternatif kendaraan yang ramah lingkungan, dan inovatif.

Ditulis oleh pada Oktober 7, 2023

Mobil listrik tengah menjadi perhatian karena diklaim sebagai alternatif kendaraan yang ramah lingkungan, dan inovatif. Bukan hanya sebuah tren, mobil tanpa bahan bakar fosil ini menawarkan sejumlah keunggulan, yang membuatnya layak dipertimbangkan sebagai kendaraan pilihan untuk masa depan.

Di Indonesia, beberapa merek mobil listrik sudah dijual, seperti Hyundai Ioniq 5 yang dibanderol Rp 718 juta-an, Tesla Model 3 di kisaran harga Rp 1,5 miliar, Mitsubishi Outlander PHEV seharga Rp 1.309 miliar, Wuling Air EV kisaran harga Rp 300 juta, dan Nissan Kicks e-Power dengan harga Rp 471 juta.

Berikut alasan mengapa mobil listrik bisa menjadi pilihan kendaraan pribadi Anda.

Ramah Lingkungan dan Keberlanjutan
Salah satu alasan utama mengapa mobil listrik menjadi pilihan yang berkelanjutan adalah dampaknya terhadap lingkungan. Dengan tidak mengandalkan bahan bakar fosil, mobil listrik mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara. Kendaraan ini bisa berkontribusi pada upaya global untuk mengurangi jejak karbon, dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Efisiensi Energi
Kendaraan listrik dapat mengurangi biaya bahan bakar secara signifikan karena tingginya efisiensi komponen penggerak listrik. Hal ini karena mobil listrik bergantung sepenuhnya pada tenaga listrik, penghematan bahan bakarnya diukur secara berbeda dibandingkan kendaraan konvensional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, keuntungan selama menggunakan mobil listrik bisa menghemat pengeluaran harian untuk bahan bakar lebih murah dari mobil konvensional.

“Bensin atau listrik itu cuman 10% atau 20%. Jadi kalau mobil BBM sehari biasa kita pakai 30 liter dikali Rp 10.000 sudah berapa? Sementara mobil listrik tidak sampai Rp 50.000, perbedaan cost yang kita keluarkan harian itu selisihnya banyak,” tutur Budi .

Tidak Bising
Mobil listrik berbeda dengan dengan kendaraan bahan bakar fosil. Mobil ini tidak akan mengeluarkan suara yang mengganggu lingkungan sekitar.

Biaya Operasional Rendah
Mobil listrik sering kali memiliki biaya operasional yang lebih rendah dalam jangka panjang. Perawatan yang lebih sedikit, dan biaya pengisian daya yang lebih murah dapat menghasilkan penghematan yang signifikan bagi pemilik mobil.

Teknologi Canggih
Mobil listrik biasanya dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk sistem manajemen energi pintar, fitur-fitur keamanan mutakhir, atau konektivitas yang memudahkan pemilik untuk mengontrol, dan memantau mobil mereka.

Banyak kendaraan listrik dilengkapi dengan sistem peringatan jalur, yang akan memperingatkan Anda jika mobil mulai keluar jalur. Fitur ini juga dapat membantu menjaga kecepatan pengendara sambil memberikan perintah koreksi.

Pengisian Lebih Mudah
Jika menggunakan mobil konvensional, Anda harus melakukan pengisian bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terdekat, yang tak jarang harus mengantre dengan kendaraan lain. Dengan mobil listrik pengguna bisa langsung mengisi daya di rumah selama daya listrik mencukupi.