Terputar

Title

Artist


ran 4,5 meter yang mirip dengan karakter Mobile Suit Gundam dari serial anime Jepang yang terkenal. Robot yang dinamai Archax yang diambil dari dinosaurus burung archaeopteryx itu kini tersedia dengan harga US$ 3 juta

Ditulis oleh pada Oktober 2, 2023

ran 4,5 meter yang mirip dengan karakter Mobile Suit Gundam dari serial anime Jepang yang terkenal. Robot yang dinamai Archax yang diambil dari dinosaurus burung archaeopteryx itu kini tersedia dengan harga US$ 3 juta atau sekitar Rp 46,5 miliar.

Dilansir dari Reuters, Senin (2/10/2023), Archax dilengkapi dengan kokpit yang dapat menampilkan gambar dari kamera luar, memungkinkan pilot mengendalikan lengan dan tangan robot dengan menggunakan joystick dari dalamnya. Dengan berat 3,5 ton, robot ini akan diumumkan secara resmi dalam Japan Mobility Show pada akhir bulan ini

Archax memiliki dua mode, yaitu mode robot yang berdiri tegak dan mode kendaraan yang bisa berjalan hingga kecepatan 10 km per jam.

Robor Archax dikembangkan startup Jepang Tsubame Industries
Robor Archax dikembangkan startup Jepang Tsubame Industries

“Jepang memiliki keahlian dalam bidang animasi, permainan, robot, dan otomotif. Karena itu, kami ingin menciptakan produk yang menggabungkan semua elemen ini menjadi satu kesatuan,” kata CEO Tsubame Industries, Ryo Yoshida.

Yoshida berencana untuk memproduksi dan menjual lima unit robot ini kepada para kolektor kaya. Robot ini juga diharapkan dapat digunakan untuk membantu dalam situasi bencana atau dalam eksplorasi luar angkasa di masa depan.

Yoshida mengaku sudah tertarik pada manufaktur sejak masa kecilnya dan telah belajar teknik pengelasan di pabrik besi milik kakeknya sebelum mendirikan perusahaan yang memproduksi tangan palsu myoelektrik. Ia berharap dapat menjaga keunggulan Jepang dalam industri manufaktur.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan