Terputar

Title

Artist


Tim nasional U-24 Indonesia berhasil memastikan tempat di babak 16 besar Asian Games 2022

Ditulis oleh pada September 25, 2023

Tim nasional U-24 Indonesia berhasil memastikan tempat di babak 16 besar Asian Games 2022 setelah finis sebagai salah satu dari tiga tim peringkat ketiga terbaik. Pada tahap selanjutnya, Garuda Muda akan berhadapan dengan Uzbekistan atau Hong Kong.

Pasukan yang diasuh oleh Indra Sjafri berhasil menyelesaikan fase grup dengan menempati posisi ketiga di grup F, mengumpulkan tiga poin. Dalam perjalanan mereka, Garuda Muda, julukan timnas U-24 Indonesia, mencatatkan kemenangan 2-0 melawan Kirgiztan, mengalami kekalahan 0-1 dari Taiwan, dan juga menyerah 0-1 kepada Korea Utara.

Perubahan posisi di klasemen grup F terjadi karena Kirgiztan berhasil meraih kemenangan 4-1 melawan Taiwan dalam pertandingan terakhir mereka. Sehingga, Kirgiztan, Taiwan, dan Indonesia sama-sama memiliki tiga poin.

Dengan produktivitas gol dan selisih gol yang lebih baik dibandingkan dengan Taiwan, Kirgiztan dan Indonesia berhak menempati posisi kedua dan ketiga di grup ini. Kirgiztan mencatatkan 4 gol dicetak dan 4 gol kebobolan dengan selisih gol nol, sementara Indonesia mencatatkan 2 gol dicetak dan 2 gol kebobolan dengan selisih gol nol.

Taiwan menduduki posisi keempat karena memiliki catatan 2 gol dicetak dan 6 gol kebobolan dengan selisih gol minus empat.

Koleksi gol Kirgiztan juga memastikan mereka menduduki posisi kedua dan bersama-sama dengan Korea Utara melaju ke babak 16 besar.

Dalam persaingan untuk mencapai babak 16 besar, Indonesia akan bersaing dengan tim peringkat ketiga lainnya, yaitu Qatar dari grup D, Thailand dari grup E, Vietnam dari grup B, dan Myanmar dari grup A.

Jumlah peserta dalam setiap grup pada kompetisi sepak bola Asian Games kali ini berbeda-beda, terdiri dari grup dengan dua tim, tiga tim, dan empat tim. Grup C tidak dapat bersaing meraih tiket sebagai tim peringkat ketiga terbaik karena hanya terdiri dari dua tim.

Demi menjaga keadilan, hasil pertandingan melawan tim peringkat keempat tidak akan diperhitungkan. Hal ini menguntungkan Indonesia karena kekalahan 0-1 mereka dari Taiwan tidak memengaruhi perhitungan poin.

Sehingga, Indonesia menempati posisi teratas dalam klasemen mini tersebut, disusul oleh Qatar dengan satu poin, Thailand dengan satu poin, Vietnam dengan nol poin, dan Myanmar dengan nol poin.

Lawan Indonesia di babak 16 besar baru akan diketahui Senin (25/9/2023) setelah grup C menyelesaikan pertandingan terakhirnya. Grup C hanya terdiri dri dua tim yakni Uzbekistan dan Hong Kong karena dua tim lainnya, yakni Suriah dan Afganistan mengundurkan diri. Dalam pertemuan pertama Uzbekistan mengalahkan Hong Kong, 1-0. Partai kedua akan kembali mempertemukan keduanya pada Senin.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan