Terputar

Title

Artist


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya promosi digital agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

Ditulis oleh pada September 17, 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya promosi digital agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa meningkatkan penjualan.

Untuk itu Sandiaga mengajak pelaku UMKM melakukan pemasaran digital, membangun jenama yang kuat melalui platform digital yang saat ini berkembang sebagai sarana promosi serta memperluas jangkauan pasar.

“Kita melihat bagaimana ternyata promosi melalui digital bisa meningkatkan penjualan sampai 35 persen dan bisa membuka peluang usaha sehingga mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” kata Sandiaga di Solo, Jawa Tengah, dikutip dari Antara, Sabtu (16/9/2023).

Menurut Sandiaga, dalam sehari masyarakat tercatat menghabiskan waktunya bermain media sosial hampir mencapai antara 8-9 jam per hari. Di sela-sela kegiatan tersebut, sebesar 35-40 persen digunakan untuk membuka e-commerce.

“Angka ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna e-commerce tertinggi setelah Thailand sebesar 44 persen,” imbuhnya.

Dengan memanfaatkan platform digital untuk membangun jenama, ia menekankan tiga hal utama yang patut dicermati, yakni otentik, relevan dengan situasi terkini serta mampu menjadi hits warganet. Para pelaku usaha parekraf juga diminta memperluas jenis usaha, dari yang sebelumnya di bidang kuliner, kroya dan fesyen untuk juga merambah produk perawatan tubuh.

“UMKM kita sudah harus mulai melebar. Kita juga harus masukkan produk-produk yang kita pakai setiap hari karena kita harus menjadi pemain,” katanya.

Kolaborasi menurut Sandiaga menjadi kunci. Pemerintah bersedia untuk menjadi mitra dalam menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian Indonesia menuju kebangkitan yang lebih besar.

“Kita harapkan dengan seluruh ekosistem pariwisata dan ekosistem pariwisata ekonomi kreatif yang bisa menciptakan enam kali lipat lebih banyak lapangan kerja dibanding sektor lain, anak-anak muda akan diberdayakan,” ungkap Sandiaga.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan