Terputar

Title

Artist


 Sejumlah kepala militer angkatan udara dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tak hadir pada Konferensi Kepala Angkatan Undara ASEAN ke-20 di Naypyitaw

Ditulis oleh pada September 15, 2023

Sejumlah kepala militer angkatan udara dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tak hadir pada Konferensi Kepala Angkatan Undara ASEAN ke-20 di Naypyitaw, Myanmar, pada Rabu (13/9/2023). Pihak ASEAN sebelumnya menuduh junta Myanmar mengabaikan rencana perdamaian yang disepakati untuk mengakhiri kekerasan yang dipicu oleh kudeta rezim militer.

Myanmar yang masih menjadi anggota ASEAN, tidak dilibatkan dalam pertemuan tingkat tinggi blok tersebut, sejak militernya melakukan kudeta pada pemerintahan sipil.

Para pemimpin angkatan udara ASEAN yang beranggotakan 10 negara, bertemu setiap tahun untuk membahas kerja sama di bidang pertahanan, memerangi ekstremisme, dan bantuan bencana.

Tahun ini, Myanmar menjadi tuan rumah pertemuan yang dimulai pada Rabu dan diperkirakan akan berlangsung hingga Jumat (15/9/2023).

Namun dalam pertemuan kali ini, kepala angkatan udara Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura tidak hadir, menurut tim informasi junta.

Sedangkan kepala angkatan udara dari Brunei, Kamboja, Laos, Thailand dan Vietnam tiba di ibu kota Naypyidaw pada Selasa, kata tim informasi junta.

Pemimpin Angkatan Udara Myanmar Htun Aung telah bertemu dengan masing-masing pejabat yang berkunjung secara terpisah dan membahas masalah kerja sama antara angkatan udara ASEAN.

ASEAN sejauh ini telah melakukan upaya diplomatik untuk meredakan krisis berdarah di Myanmar, yang menurut PBB telah menyebabkan lebih dari 1,5 juta orang mengungsi.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan