Terputar

Title

Artist


Tingkatkan Profesionalisme Matra Laut, Prajurit KAL Kadet dan Taruna AAL Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Tingkat I dan II

Ditulis oleh pada September 2, 2023

 

AAL (1/9/2023)Untuk mengukur tingkat kemampuan melaksanakan tugas secara profesional, prajurit Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) Kadet dan Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) melaksanakan latihan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur Tingkat I dan II (L1 dan L2), Latihan digelar di perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Laut Jawa, Senin (1/9). Hal ini disampaikan oleh Komandan Satuan KAL Kadet AAL Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo, S.H., M.Tr.Opsla.

Salah satu unsur KAL Kadet yang digunakan dalam latihan ini yaitu KAL Kadet-08 dengan Komandan Lettu Laut (P/W) Kartika Jala Puspita. KAL Kadet merupakan kapal latih bagi Taruna AAL.

Pada pelaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur Tingkat I dan II, prajurit KAL Kadet dan Taruna AAL dengan sigap, cepat dan cekatan melaksanakan seluruh rangkaian materi yang telah disiapkan Tim Penilai.

Adapun dalam uji tulis L1 serta L2 meliputi drill peran seluruh pos tempur di KAL Kadet yang dimulai dari Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, Pengecekan Kesiapan Permesinan, Pesawat Elektronika dan Kemudi Darurat.

Selain itu juga dilaksanakan Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, Briefing Anjungan, Peran Muka belakang, Peran Parade, Peran Pemanduan, Peran Kemudi Darurat, Peran Cuaca Buruk, Peran MOB, Peran Tempur Bahaya Umum, Peran Melewati Medan Ranjau, Peran Tempur Bahaya Udara, Peran Tempur Bahaya Permukaan, Peran Kebakaran, Peran Kebocoran, Peran Peninggalan serta Penembakan Meriam 12,7 MM

Menurut Komandan Satuan KAL Kadet AAL bahwa Uji glagaspur tingkat I dan II (L1 dan L2) bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan menjaga naluri tempur prajurit matra laut.

“Kecakapan prajurit akan dinilai dari tingkat paling dasar yaitu tugas dan tanggung jawab pada pos tempurnya masing-masing yang dilaksanakan oleh Prajurit KAL Kadet dan Taruna AAL”, tegasnya.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan