Terputar

Title

Artist


Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23 setelah di babak empat besar menaklukkan Thailand, 3-1

Ditulis oleh pada Agustus 26, 2023

Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23 setelah di babak empat besar menaklukkan Thailand, 3-1, Kamis (24/8/2023). Pada partai pemungkas yang akan digelar Sabtu (26/8/2023), Timnas U-23 Indonesia akan bertemu Vietnam.

Salah satu bintang yang membawa Indonesia melaju hingga ke semifinal adalah penyerang Ramadhan Sananta. Dia sudah mengoleksi dua gol dalam turnamen yang digelar di Thailand ini. Satu gol dia lesakkan ke gawang Malaysia dan satu gol lainnya dia cetak ke gawang Timor Leste. Kedua gol dicetak pada babak penyisihan grup B.

Menghadapi Piala AFF U-23 2023, Ramadhan Sananta termasuk salah satu pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini termasuk sangat beruntung memiliki Sananta. Dia memiliki pemain yang bisa diandalkan di lini depan di saat banyak pemain yang dipanggilnya tidak dilepas klub.

Bernama lengkap Muhammad Ramadhan Sananta, pemain yang lahir pada tanggal 27 November 2002, berposisi sebagai striker. Saat ini dia memperkuat klub yang berkompetisi di Liga 1 yaitu Persis Solo dan pernah memperkuat tim nasional Indonesia senior. Dia pun menyandang gelar sebagai pemain termuda di Timnas Indonesia senior.

Sananta berasal dari Lingga, Kepulauan Riau, Indonesia. Ia memiliki tinggi badan 182 cm. Sampai sekarang sudah membela empat klub berbeda.

Karier Ramadhan Sananta dimulai dari divisi terendah sepak bola Indonesia, yaitu Liga 3. Ia memulai perjalanan ini dengan bergabung bersama PS Harjuna Putra pada musim 2021-2022 sebelum akhirnya beralih ke Persikabo 1973 pada bulan Januari 2022. Selama mengikuti kompetisi Liga 3, penampilannya menarik perhatian banyak pihak. Ia berhasil mencetak sembilan gol dari total 12 pertandingan yang dijalankannya.

Berikutnya, Ramadhan Sananta bergabung dengan Persikabo 1973. Ia direkrut untuk turut serta dalam kompetisi Liga 1 pada musim 2021. Sananta memainkan debutnya untuk tim Kabupaten Bogor ini pada 3 Februari 2022 dalam pertandingan melawan Bali United, di Stadion Ngurah Rai, Denpasar.

Seusai memperkuat Bali United, dia melanjutkan kariernya bersama PSM Makassar dan berkompetisi di Liga 1 musim 2022/23. Sananta mengawali penampilannya membela Juku Eja pada 15 Agustus 2022 dalam pertandingan menghadapi Rans Nusantara di Stadion Pakansari, Cibinong.

Pada 8 Juni 2023, Sananta menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Persis Solo. Sananta melakukan debut membela Laskar Samber Nyawa pada 17 Juni 2023 dalam pertandingan persahabatan pramusim melawan klub K League 1 Jeonbuk Hyundai Motors, juga mencetak gol pertamanya untuk Persis dalam pertandingan ini. Dia membawa Persis memimpin, tetapi kemudian menyerah 1-2. Sananta mencetak gol lagi dalam pertandingan persahabatan lainnya melawan Persebaya Surabaya seminggu kemudian.

Sananta melakukan debut bersama Persis di Liga 1 pada 1 Juli 2023. Pada pertandingan iru mencetak gol liga pertamanya saat kalah 2–3 atas Persebaya.

Kiprahnya di Liga 1 dimulai dengan mencetak gol pertamanya pada 29 Agustus 2022 saat melawan Persib Bandung. Dia berhasil membukukan dua gol dalam kemenangan 5-1 untuk PSM Makassar yang berlangsung di Parepare.

Pada tanggal 24 September 2022, Ramadhan Sananta melakukan debutnya bersama tim nasional Indonesia dalam pertandingan persahabatan menghadapi Curacao.

Hanya dalam tiga hari setelahnya, ia sekali lagi turun di lapangan dalam pertandingan kedua melawan Curaçao yang berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi timnas Indonesia.

Ketajamannya membuatnya masuk dalam skuad Indonesia yang turun dalam cabang sepak bola di SEA Games Kamboja. Dia mencetak dua gol saat Indonesia menundukkan Myanmar, 5-0. Sananta juga menyumbang satu gol saat Indonesia menundukkan Timor Leste.

Di final melawan Thailand, dia melesakkan dua gol dan membawa Indonesia menang, 5-2, sekaligus merebut emas SEA Games. Ini emas pertama Indonesia sejak SEA Games tahun 1991.

Pada kejuaraan Piala AFF U-23 tahun ini, Sananta kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetak satu gol saat melawan Malaysia pada penyisihan Grup B. Namun, Indonesia menyerah 1-2 dalam partai pembukaan ini.

Gol semata wayang yang dicetaknya ke gawang Timor Leste membuka peluang Indonesia melaju ke semifinal. Indonesia melaju ke babak empat besar sebagai runner-up terbaik dari tiga grup yang ada.

Pada babak semifinal yang digelar Kamis (24/8/2023), Sananta memang tidak mencetak gol saat Indonesia dengan meyakinkan menundukkan Thailand, 3-1. Namun ketajamannya kembali sangat diharapkan saat bermain di partai final, Sabtu (26/8/2023) melawan Vietnam.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan