Terputar

Title

Artist


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara Kenya dapat menjadi pintu masuk bagi Indonesia ke negara Afrika Selatan

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara Kenya dapat menjadi pintu masuk bagi Indonesia ke negara Afrika Selatan.

Dalam kunjungannya ke Nairobi, Republik Kenya, Jokowi juga telah menyepakati sejumlah kerja sama dengan Presiden Kenya, William Ruto.

“Indonesia dapat menjadi pintu masuk ke Kenya, ke ASEAN, dan Kenya dapat menjadi pintu masuk Indonesia ke Afrika Selatan,” ungkap Jokowi dalam konferensi pers dari kantor kepresidenan Kenya, Senin (21/8/2023).

Jokowi mengungkapkan, kedua negara telah sepakat membentuk perjanjian dagang preferensial yang akan segera diratifikasi. Indonesia juga akan meningkatkan investasi di Kenya, terutama di sektor energi dan sektor peternakan.

Kerja sama berikutnya antara otoritas pengawas obat dari kedua negara, serta kerja sama dengan Biofarma terkait obat generik Afrika yang terbatas pada vaksin dan produk farmasi.

“Saya berharap kerja sama ini dapat diperluas ke produk obat dan barang farmasi lainnya,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, kedua negara juga berkomitmen meningkatkan penggunaan energi terbarukan, serta bekerja sama di bidang kesehatan dan ketahanan pangan.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, seusai bertemu Presiden William Ruto di State House, Jokowi akan bertemu dengan sejumlah delegasi Kenya. Jokowi kemudian akan menuju Jomo Kenyatta’s Mausoleum untuk meletakkan karangan bunga di atas makam pahlawan. Setelah agenda tersebut, Jokowi akan menuju Dagoretti untuk menyerahkan secara simbolis hibah mesin pompa minyak goreng dan 5.000 liter minyak sawit.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan