Terputar

Title

Artist


Bekali kemampuan dan keterampilan profesi Taruna AAL TK II Korps Marinir Angkatan ke-71 Terima IMMP

Ditulis oleh pada Agustus 21, 2023

 

AAL (18/8/2023);Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP) merupakan materi dasar yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit TNI, TNI AL terutama bagi prajurit Korps Marinir yang erat dengan medan operasi dan latihannya. Salah satu dari operasi gabungan TNI yaitu Operasi Amfibi, dimana kekuatan pasukan pendarat (Marinir) diproyeksikan dari laut ke pantai musuh atau pantai yang berpotensi dikuasai musuh untuk membentuk tumpuan pantai sebagai sarana operasi selanjutnya, serta siap atas perintah (AP) untuk memperkuat operasi darat lanjutan pada Operasi Darat Gabungan serta melaksanakan tugas Operasi Pertahanan Pantai.

Letkol Marinir Tri Yudha sebagai dosen pengampuh IMMP mengatakan bahwa, bagian terpenting dalam sebuah perencanaan pada proses pengambilan keputusan seorang Komandan untuk melaksanakan tugas tempur adalah sebuah data intelijen yang lengkap dan terkini guna mendapatkan sebuah perencanaan yang matang, salah satu metodenya yaitu dengan membaca peta.

Materi pelajaran IMMP ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada Taruna AAL TK II Korps Marinir dalam menggunakan peta, kompas analog, teropong siang dan GPS (Global Positioning System), adapun materi yang dipelajari terdapat beberapa sub dan bab diantaranya yaitu; Orientir Peta, Praktek azimuth dan back azimuth sudut kompas, Reseksi dan Interseksi, Menaksir Jarak menggunakan Teropong, Mengukur langkah, Menetukan posisi, serta Praktek Pengetahuan GPS.

“Pada Semester 3 (tiga) TA 2023/2024 ini, Sersan Taruna Korps Marinir dalam waktu dekat akan bersiap menghadapi latihan Prayudha sebagai Komandan Regu hubungan peleton dengan membawa pasukan infanteri dari satuan tempur Brigif 2 Marinir Gedangan. Dalam kesempatan Lattek tersebut, kemampuan dan keterampilan IMMP ini akan diaplikasikan di lapangan”, tegas Dosen Pengampuh.

Setelah disampaikan beberapa teori dari materi IMMP di kelas gabungan, para taruna diberikan kesempatan untuk mempraktekan secara langsung di lapangan dengan menggunakan alins yang disiapkan oleh asisten dosen, sehingga dalam proses belajar mengajar materi IMMP dapat memotivasi dan antusias tinggi Taruna AAL TK II Korps Marinir Angkatan ke-71 untuk mengikuti pelajaran IMMP tersebut.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan