Terputar

Title

Artist


Aplikasi Threads yang diluncurkan Meta hadir sebagai penantang baru Twitter, yang saat ini dikenal sebagai X. Banyak pengamat menilai, saingan sebenarnya Threads

Ditulis oleh pada Agustus 19, 2023

Aplikasi Threads yang diluncurkan Meta hadir sebagai penantang baru Twitter, yang saat ini dikenal sebagai X. Banyak pengamat menilai, saingan sebenarnya Threads bukanlah Twitter, melainkan TikTok. Apalagi jika melihat banyaknya perubahan kontroversial di Twitter.

“Mark Zuckerberg mungkin untuk sementara terganggu perhatiannya oleh persaingan dengan Elon Musk, tetapi pertarungan sesungguhnya bagi Meta adalah dengan TikTok. Zuckerberg perlu tetap waspada,” kata analis Insider Intelligence, Jasmine Enberg, dilansir dari Japan Today, Jumat (18/8/2023).

Threads sebetulnya memiliki awal yang baik dibandingkan aplikasi apa pun saat mulai diluncurkan. Hanya dalam waktu lima hari, Threads diunduh sampai 100 juta. Sayangnya pengguna aktif Threads menunjukkan tren menurun. Menurut laporan firma riset SimilarWeb, pengguna harian Threads pada minggu pertama Agustus 2023 tinggal 10 juta, menurun tajam dari 49 juta saat baru diluncurkan.

Enberg menyampaikan, sebelum era TikTok, Twitter memang sempat menjadi pencetus tren. Perkembangan dunia digital makin pesat. Banyak tren terkini berasal dari generasi yang tumbuh di era TikTok, yaitu generasi Z, bahkan anak-anak. Penggunaan Twitter pun menurun di kalangan remaja, seperti yang terlihat dalam data Pew Research Center.

Platform media sosial berbasis teks mungkin kurang diminati oleh generasi TikTok karena tidak ada tarian, tip makeup, resep aneh, hingga gagasan influencer yang selama ini menghiasi TikTok. Di sisi lain, Therads justru masuk ke tren yang mulai ditinggal pengguna, yaitu teks.

“Tantangan utama yang dihadapi Threads adalah menciptakan identitas uniknya yang berbeda dari Twitter dan perluasan Instagram,” kata Enberg.

Sampai saat ini, basis pengguna Threads menyerupai Instagram karena keduanya memang saling terhubung. Banyak selebritas atau influencer yang juga memiliki akun Threads, tetapi masih belum jelas berapa banyak dari mereka yang tetap aktif menggunakan Threads.

MrBeast, seorang YouTuber terkenal memiliki 5 juta pengikut di aplikasi Threads, tetapi sudah lebih dari dua pekan tidak mem-posting apa pun. Sementara di TikTok, MrBeast terlihat sangat aktif membagikan video.

Zuckerberg sendiri tetap merasa optimistis terhadap Threads, tetapi ia juga mengakui bahwa masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar aplikasi ini mencapai potensi penuhnya.

Zuckerberg juga menganggap penurunan pengguna yang dialami Threads sebagai hal yang normal dan yakin situasinya akan membaik dengan penambahan lebih banyak fitur pada Threads.

“Jelas, jika Anda memiliki lebih dari 100 juta orang yang mendaftar, idealnya akan luar biasa jika semuanya atau bahkan setengah dari mereka bertahan,” ujar Zuckerberg.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan