Terputar

Title

Artist


Tim medis Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang menyampaikan kondisi terkini bayi kembar siam Aliyah dan Aisyah setelah menjalani masa observasi pascaoperasi pemisahan tubuh. Bayi t

Ditulis oleh pada Agustus 15, 2023

Tim medis Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang menyampaikan kondisi terkini bayi kembar siam Aliyah dan Aisyah setelah menjalani masa observasi pascaoperasi pemisahan tubuh. Bayi tersebut dilaporkan telah melewati masa kritis. Kondisi liver kedua bayi yang sebelumnya menyatu juga dinyatakan normal.

Ketua tim operasi kembar siam, Eko Sulistijoko menyampaikan, pascaoperasi pemisahan perut, kegawatan pada bayi kembar siam sudah dilewati dan saat ini kondisinya mulai stabil, tetapi untuk proses penyembuhan kedua bayi ini tidak sama.

“Untuk kondisi dua bayi, secara garis besar ada perbaikan, kegawatannya terlampaui, dan tidak ada yang kita khawatirkan lagi,” kata Eko saat konferensi pers di RSSA Kota Malang, Selasa (15/8/2023)

Eko menjelaskan, dengan kondisinya yang stabil, tim medis akan memindahkan bayi perempuan berusia 11 bulan tersebut dari ruang ICU ke ruang perawatan lainnya. Untuk aspek infeksi, Eko mengatakan tidak ada masalah. Sementara untuk aspek sistem sirkulasi jantung juga dalam keadaan baik. Keduanya sudah lepas bantuan alat oksigen.

“Untuk bayi Aliyah sudah diperbolehkan pindah ruangan. Kemarin juga sudah dicoba bonding dengan orang tuanya dan itu cukup menenangkan kondisi bayi. Sedangkan bayi Aisyah masih harus diobservasi di ruang ICU karena inflamasi biasa pada trauma operasi supaya tidak menjadi infeksi, tetapi lukanya bagus,” jelasnya.

Setelah melewati masa kritis, kata Eko, keduanya juga telah diberikan susu formula. Sehingga dimungkinkan satu hingga dua hari ke depan akan dicoba untuk diberikan makanan pengganti air susu ibu (M-PASI).

Direktur RSSA Kota Malang, Bachtiar Budianto menambahkan, jika bayi tersebut dipindahkan ke ruang perawatan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan kondisi dan pertumbuhan bayi.

“Karena usia 11 bulan pasti ada masalah dalam tumbuh kembang anak. Mungkin masalah berjalan, atau lainnya. Informasi juga, bayi sudah bisa minum dan bisa buang air besar, artinya bahwa fungsi pencernaan berjalan dengan baik,” kata Bachtiar.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan