Terputar

Title

Artist


Posisi router WiFi sangat memengaruhi kekuatan sinyal internet. Salah menempatkan router bisa membuat sinyal lemah. Apalagi ada banyak benda di rumah yang juga bisa melemahkan sinyal WiFi.

Ditulis oleh pada Agustus 6, 2023

Posisi router WiFi sangat memengaruhi kekuatan sinyal internet. Salah menempatkan router bisa membuat sinyal lemah. Apalagi ada banyak benda di rumah yang juga bisa melemahkan sinyal WiFi.

Dilansir dari The Sun, Sabtu (5/8/2023), CEO Gadget Review, Rex Freiberger mengungkapkan, idealnya router berada di lokasi sentral, sehingga seluruh bagian rumah bisa mendapat sinyal internet.

“Ini memungkinkan jangkauan WiFi yang lebih merata dan andal di seluruh rumah dan dengan meminimalkan dead zone,” kata Freiberger.

Freiberger menambahkan, sinyal WiFi bergerak lebih efisien pada posisi yang lebih tinggi, jadi pertimbangkan untuk meletakkan router Anda di atas rak buku atau lemari yang lebih tinggi.

Aturan ketinggian ini juga memiliki pengecualian, khususnya di rumah bertingkat.

“Tempat terbaik untuk router di rumah berlantai dua adalah di dekat langit-langit di lantai satu atau di dekat lantai dua,” kata pakar internet Peter Christiansen.

Benda Penghalang Sinyal
Sinyal WiFi yang lemah tidak hanya disebabkan oleh posisi router, tetapi juga karena keberadaan perangkat lain di sekitar router. Pasalnya ada beberapa benda yang dapat melemahkan sinyal WiFi.

Benda logam besar apa pun sebaiknya dijauhkan dari router WiFi, termasuk televisi yang biasanya berada di dekat router. Pasalnya router menghasilkan gelombang radio yang bersifat elektromagnetik, sementara logam yang berada di dekat router dapat menyerap dan mengurangi sinyal dari router.

Benda-benda mengandung logam lainnya yang harus dijauhkan dari router seperti kulkas atau oven, sehingga menempatkan router di dapur merupakan ide paling buruk.

Selain itu, WiFi dan bluetooth menggunakan frekuensi radio yang serupa, sehingga dapat mengakibatkan gangguan pada keduanya. Jika Anda memiliki speaker bluetooth di dekat router, segera pindahkan.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan