Terputar

Title

Artist


Sebuah rekaman video mengenai seorang wanita tebaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi beredar di media sosial

Ditulis oleh pada Agustus 4, 2023

Sebuah rekaman video mengenai seorang wanita tebaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi beredar di media sosial. Dalam video tersebut, wanita itu meminta pertolongan ke Presiden Jokowi untuk bisa memulangkannya ke Tanah Air.

TKI minta tolong bernama Ratna Komalasari, merupakan warga asal Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ratna bekerja sebagai asisten rumah tangga sejak 15 Oktober 2022 lalu.Pada video itu,

Ratna mengungkap kerap mendapat kekerasan verbal dan fisik dari majikannya. Dia telah berupaya melaporkan insiden itu ke perusahaan yang memberangkatkannya ke Arab Saudi.

Namun, upaya itu kandas, sebab agensi tersebut tak menggubris laporan kekerasan yang dialami Ratna. Terlebih, Ratna mengaku dia tidak menggunakan visa kerja melainkan kunjungan.

“Saya mohon kepada pemerintah, kepada Bapak Presiden Jokowi saya minta tolong, saya cuma ingin kembali ke Indonesia,” kata Ratna dalam video yang beredar, Kamis (3/8/2023).

Keponakan Ratna Komalasari, Salamatun Uyun mengatakan, pihak keluarga sudah tidak pernah berkomunikasi secara langsung sejak satu pekan sebelum bulan puasa. Alat komunikasi milik Ratna diduga telah dimatikan oleh majikannya.

“(Terakhir bilang) nitip anak teteh ya, saya juga lagi kerja (sambil menangis). Setelah itu enggak ada kontak lagi,” ungkap Salamatun.

Kini pihak keluarga berharap, agar pemerintah bisa memberikan pertolongan untuk Ratna kembali ke Indonesia.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan