Terputar

Title

Artist


Max Verstappen dari tim Red Bull mencatatkan kemenangan dalam balapan sprint di Grand Prix Belgia

Ditulis oleh pada Juli 30, 2023

Max Verstappen dari tim Red Bull mencatatkan kemenangan dalam balapan sprint di Grand Prix Belgia pada hari Sabtu (29/7/2023) setelah menghadapi persaingan ketat dengan pembalap rookie McLaren, Oscar Piastri, yang finis di posisi kedua dengan selisih waktu 6,677 detik.

Balapan sprint yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps mengalami penundaan selama sekitar 20 menit hingga 40 menit akibat hujan deras. Setelah kondisi trek menjadi basah-kering, sesi sprint dimulai dengan Max Verstappen memimpin setelah meraih pole di sesi shootout atau kualifikasi sebelumnya.

Balapan berlangsung dengan penuh ketegangan, terutama karena Piastri menjadi pembalap terdekat di belakang Verstappen dalam sesi kualifikasi. Piastri bahkan hanya berjarak 0,011 detik dari Verstappen dalam babak shootout tersebut, dan posisi 1-2 mereka berubah-ubah dengan sangat ketat dari awal hingga akhir balapan sprint. Pembalap pemula asal Australia itu beberapa kali berhasil menyalip Verstappen, tetapi akhirnya sang pembalap Red Bull mampu mempertahankan posisi terdepan.

Pierre Gasly dari tim Alpine mengejutkan dengan finis di posisi ketiga, terpaut 10,733 detik dari Verstappen. Sementara dua pembalap Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc, harus puas melengkapi daftar lima besar di balapan sprint GP Belgia ini dengan selisih waktu masing-masing 12,648 detik dan 15,016 detik.

Bertengger di posisi keenam adalah rekan satu tim Piastri, Lando Norris, yang sebelumnya telah meraih dua podium beruntun. Ia diikuti oleh Lewis Hamilton dari tim Mercedes, George Russell dari tim Mercedes, Esteban Ocon dari tim Alpine, dan Daniel Ricciardo dari tim AlphaTauri, yang melengkapi 10 besar balapan sprint.

Balapan sprint GP Belgia juga melibatkan beberapa insiden menantang, terutama bagi Fernando Alonso dari tim Aston Martin di lap keempat, dan juga insiden kontak antara Hamilton dan Sergio Perez dari tim Red Bull di lap ketujuh. Akibat dari insiden tersebut, Hamilton dikenai hukuman waktu penalti lima detik dan Perez tidak dapat melanjutkan balapan.

Di sisi lain, untuk balapan utama yang akan digelar pada hari Minggu (30/7/2023), Verstappen awalnya mendapatkan pole position untuk GP Belgia. Namun, ia dikenai hukuman mundur lima grid karena pergantian gearbox pada mobilnya, sehingga posisi start terdepan diberikan kepada Charles Leclerc yang finis di posisi kedua dalam balapan sprint.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan