Terputar

Title

Artist


 Gatal pada payudara bisa terjadi akibat infeksi jamur, eksim, maupun psoriasis. Parahnya, kejadian ini biasanya selalu disertai dengan ruam pada payudara

Ditulis oleh pada Juli 30, 2023

Gatal pada payudara bisa terjadi akibat infeksi jamur, eksim, maupun psoriasis. Parahnya, kejadian ini biasanya selalu disertai dengan ruam pada payudara tersebut.

Namun, ada beberapa alasan mengapa payudara terasa gatal tanpa disertai ruam. Meskipun sebagian besar penyebabnya tidak berbahaya, orang harus memperhatikan gejalanya, karena gatal pada payudara juga bisa menjadi tanda awal dari bentuk peradangan kanker langka.

Mengutip laman News Medicine Sabtu (29/7/2023) berikut ini beberapa penyebab gatal pada payudara yang perlu diwaspadai.

Kulit Kering
Kulit kering pada payudara dapat menyebabkan gatal dan iritasi. Kulit biasanya tampak bersisik saat kering. Beberapa orang memiliki kulit kering secara alami, tetapi kemungkinan penyebab lainnya meliputi: Penggunaan produk perawatan kulit yang keras, paparan sinar matahari serta keringat berlebih.

Mengaplikasikan pelembab dan tabir surya dapat membantu mencegah kulit kering. Simpan krim di lemari es dan oleskan ke payudara bisa membantu mendinginkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

Pertumbuhan Payudara
Setiap kali payudara tumbuh, kulit di sekitarnya meregang, dan ini dapat menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Pertumbuhan payudara bisa terjadi karena:
– Masa pubertas
– Kehamilan
– Penambahan berat badan
– Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama siklus menstruasi
– Ruam Panas

Ruam panas adalah kejadian yang sering dirasakan oleh orang yang tinggal di kawasan beriklim panas atau ketika seseorang berolahraga di suhu tinggi.

Biang keringat atau miliaria biasanya terjadi tanpa gejala visual apapun. Selain rasa gatal, banyak orang yang mengalami benjolan atau lepuhan kecil.

Ruam panas dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun yang memiliki kelenjar keringat, dan sering muncul di antara atau di bawah payudara.

Alergen
Reaksi alergi adalah penyebab umum gatal. Reaksi alergi terkadang dapat menyebabkan ruam, tetapi tidak selalu demikian. Produk yang dapat menyebabkan reaksi alergi seperti sabun, deterjen, produk kosmetik, dan parfum.

Kanker Payudara
Dalam kasus yang jarang terjadi, gatal pada payudara bisa menjadi gejala kanker payudara.

National Breast Cancer Foundation menjelaskan bahwa payudara yang gatal adalah gejala kanker payudara yang disebut inflamasi kanker payudara.

Selain mengalami gatal-gatal, penderita kanker payudara yang meradang mungkin akan melihat ruam dan merasakan payudaranya hangat dan bengkak. Jika puting atau daerah areola terasa gatal, ini bisa menjadi gejala kanker payudara langka yang disebut penyakit Paget pada payudara.

Eksim yang Parah
Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan kering dan gatal yang dapat muncul sebagai ruam bersisik.

Meskipun biasanya mempengaruhi area seperti bagian belakang lutut dan lekukan siku, itu dapat mempengaruhi hampir semua tubuh, termasuk payudara.

Jika Anda mengalami payudara yang gatal untuk sementara waktu, tidak bisa secara langsung didiagnosa sebagai eksim, terkecuali Anda memiliki kulit kering, gatal, atau pecah-pecah khususnya sekitar area.

Psoriasis
Ada banyak jenis psoriasis, tetapi psoriasis plak adalah yang paling umum. Dengan kondisi ini, sistem kekebalan Anda secara keliru menyebabkan sel kulit menumpuk dan membentuk bercak kering, bersisik, dan gatal yang disebut plak, biasanya di area seperti siku, lutut, punggung bawah, dan kulit kepala. Sayangnya, seperti halnya eksim, psoriasis juga dapat muncul di atau di bawah payudara Anda.

Sedang Hamil
Kehamilan, melahirkan, dan menyusui dapat memicu perubahan payudara yang cukup besar yang dapat menyebabkan payudara gatal dan puting gatal. Proses menyusui secara khusus dapat menyebabkan puting Anda menjadi kering dan teriritasi dari semua kontak itu.

Menopause
Perubahan hormon yang Anda alami saat menopause (yaitu penurunan estrogen dan progesteron) dapat menyebabkan kulit payudara menjadi lebih tipis. Hal tersebut yang membuat area sekitar payudara lebih rentan terhadap gatal.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan