Terputar

Title

Artist


 Pada hari Iduladha, protes meletus di luar masjid Stockholm di Swedia di mana seorang pengungsi Irak yang diidentifikasi sebagai Salwan Momika membakar beberapa halaman Al Quran

Ditulis oleh pada Juni 30, 2023

Pada hari Iduladha, protes meletus di luar masjid Stockholm di Swedia di mana seorang pengungsi Irak yang diidentifikasi sebagai Salwan Momika membakar beberapa halaman Al Quran sebagai tindakan menghina. Dia juga meletakkan sepotong daging asap di atas kitab suci itu dan mulai menginjaknya dengan kakinya.

Peristiwa mengejutkan itu diberitakan saat perayaan Iduladha pada Rabu 28 Juni 2023.

Salwan Sabah Matti Momika, yang kini dikenal dunia sebagai orang yang awalnya meminta izin untuk membakar kitab suci dan kemudian, tanpa rasa takut membakarnya di depan umum, adalah seorang pengungsi Irak berusia 37 tahun yang secara terbuka mengungkapkan pendapatnya. ” terhadap kitab suci agama Islam dan ingin itu dilarang.

Salwan Momika melarikan diri dari Irak ke Swedia beberapa tahun lalu dan tinggal di kota Järna di Södertälje, Stockholm County. Salwan Momika adalah warga negara Irak.

“Demonstrasi saya akan berlangsung pada hari pertama Idul Fitri. Demonstrasi saya akan dilakukan di depan masjid besar di Stockholm di mana saya akan membakar Al Quran… Orang yang saya cintai, yang tinggal di Stockholm, dan ingin berpartisipasi dalam demonstrasi, dan berkontribusi baik secara finansial maupun emosional, informasi saya ada di bawah,” katanya dalam sebuah video.

Idenya adalah untuk menyoroti pentingnya kebebasan berbicara seperti yang dikutip dalam laporan yang mengatakan, “Ini adalah demokrasi. Ini berbahaya jika mereka memberitahu kita bahwa kita tidak bisa melakukan ini.”

Dalam permohonannya untuk bertindak diakses dan dikutip oleh laporan media internasional, Momika menulis, “Saya ingin protes di depan masjid besar di Stockholm, dan saya ingin mengungkapkan pendapat saya tentang Al-Qur’an… Saya akan merobek dan membakarnya. ”

Diketahui bahwa Swedia jarang mengutuk protes dan opini publik. Dan kabarnya, izin demo Momika diberikan oleh pengadilan di sana pada Rabu lalu. Namun, polisi menolak untuk mengizinkan pembakaran Alquran di Stockholm.

\Turki mengutuk keputusan otoritas Swedia untuk menyetujui demonstrasi pembakaran Al Quran di luar masjid Stockholm, sebuah langkah yang dapat mempertaruhkan tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO sebelum pertemuan puncak blok tersebut pada Juli.

Menteri luar negeri Turki menyebut protes itu sebagai “tindakan keji.”

“Tidak dapat diterima untuk mengizinkan tindakan anti-Islam ini dengan dalih kebebasan berekspresi. Menutup mata terhadap tindakan keji seperti itu berarti terlibat di dalamnya,” kata Hakan Fidan dalam sebuah pernyataan.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan