Terputar

Title

Artist


Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap Indonesia punya peran penting dalam Geopolitik ASEAN

Ditulis oleh pada Juni 15, 2023

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap Indonesia punya peran penting dalam Geopolitik ASEAN. Untuk itu, Luhut meminta presiden penerus Joko Widodo tak bicara perubahan. Menurut Luhut, Indonesia sudah mempunyai pola yang pas untuk menjadi negara dengan pendapatan tinggi.

“Saya pikir yang pertama musti kita lihat kekompakkan kan, karena bagaimanapun 10 negara ASEAN punya juga kepentingan kepentingan berbeda, mereka kan punya nasional interest,” kata Luhut usai forum Jakarta Geopolitical Forum VII 2023, Rabu (14/6/2023).

“Nah Indonesia saya pikir memegang peran yang penting. Kenapa? Karena kita juga negara yang makmur. Akan memasuki era itu, tentu belum sempurna, tapi sekarang kita sudah ketemu pattern untuk jadi negara high income country, itu saya kira bisa kita lakukan, karena juga tadi dari segi demografi bonus, kekayaan alam, downstream industry, digitalisasi, kemudian dana desa, itu inggredient daripada untuk membuat Indonesia hebat,” tambah dia.

Kemudian, Luhut menyinggung presiden selanjutnya tak bicara perubahan. Dia meminta presiden anyar nanti menyempurnakan pola tersebut, utamanya di ASEAN.

“Jadi saya berharap siapapun presiden ke depan harus melakukan ini, tidak usah bicara perubahan lah, bagaimana menyempurnakan, mempercepat proses ini, supaya generasi kalian juga bisa nanti melihat itu,” kata dia.

“Karena kalau tidak kita fokus pada pekerjaan ini, belok belok nanti tidak jalan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Luhut berharap forum-forum Geopolitik antar negara terus dilanjutkan.

“Nah geopolitical forum ini yang digagas Lemhannas ini harus disupport oleh pemerintah lagi lebih besar ke depan, dan kita semua,” harapnya.

Geopolitical Forum edisi ini digelar di Hotel Borobudur. Acara bertajuk Asean’s Future: Adressing the Region’s Geo-Maritime Rifts itu dihadiri sejumlah perwakilan negara Lebanon, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, serta Singapura.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan