Terputar

Title

Artist


Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyampaikan turut berbelasungkawa atas bencana yang menimpa Turki dan Suriah

Ditulis oleh pada Februari 11, 2023

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyampaikan turut berbelasungkawa atas bencana yang menimpa Turki dan Suriah.

“Palang Merah Indonesia dan tentu rakyat Indonesia bersama dengan pemerintah sangat berduka atas bencana yang terjadi di Turki dan di Suriah,” ucap Jusuf Kalla di Kedutaan Besar Turki di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat (10/2/2023).

Untuk itu, melalui PMI Jusuf Kalla mengirimkan bantuan dana sebesar 100.000 USD bersama tim kesehatan yang terdiri dari dokter dan perawat pada tahap pertama untuk disalurkan ke korban terdampak gempa di Turki dan Suriah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas antar negara. Terlebih, Turki pada masa lalu pernah membantu Indonesia ketika Aceh dilanda Tsunami.

“Sebagai bentuk solidaritas antarbangsa. Kita semua berusaha untuk ini dan sebagai bentuk gerakan kemanusiaan. Tidak ada masalah politik, tidak ada masalah ideologi,” ungkap Jusuf Kalla.

“Tadi 100.000 USD pada tahap pertama sudah dikirimkan ke Negeri Bulan Sabit Merah, Turki. Kemudian ada tim dokter juga secara nasional termasuk lima dokter dan perawat dari PMI besok berangkat,” tambah dia.

Kelima tenaga kesehatan yang dikirimkan tersebut bertugas di Rumah Sakit PMI Bogor. Mereka yakni dr. Rahmadia Kusumamardhika sebagai dokter umum, Apoteker rifky Putra Pratama, Petugas Logistik Kesehatan Habib Priyono, Perawat Nurfauzi, serta Perawat Khusnul Nugrahini.

Menurut Jusuf Kalla, PMI mempunyai kebijakan tersendiri dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Turki dan Suriah. PMI mengirimkan bantuan dalam bentuk uang agar korban yang terdampak dapat membeli keperluan yang dibutuhkan mereka sesuai keadaan di sana.

“Kalau logistik, pertama belum tentu cocok kita kirim selimut, selimut kita tipis. Mereka butuh selimut tebal. Kita kirim makanan tentu tidak cocok, jadi jauh lebih baik menyumbangnya dalam bentuk cash itu lebih efektif, cepat dan sesuai kebutuhan di sana,” kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia agar dapat membantu bencana yang ada di Turki dan Suriah. Dikatakan Jusuf, masyarakat dapat menyalurkan donasi untuk Turki dan Suriah ke rekening PMI yang telah didaftarkan secara resmi.

“Kita membantu juga mengumpulkan donasi dari masyarakat, jadi kalau masyarakat yang ingin menyumbang bisa lewat PMI dan kita akan teruskan,” pungkasnya.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan