Terputar

Title

Artist


Aktris senior Mieke Wijaya dikabarkan meninggal dunia

Ditulis oleh pada Mei 4, 2022

Di momen lebaran ini, dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Aktris senior Mieke Wijaya dikabarkan meninggal dunia. Hal itu diketahui dari pesan berantai yang diterima,pada Selasa (3/5/2022) malam.

Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia mama dan nenek kami tercinta, Hj Mieke Wijaya, hari Selasa, 3 Mei 2022, pukul 19.30 WIB dalam usia 62 tahun,” tulis pesan yang diterima sejumlah media.

Tidak dijelaskan penyebab kematian Mieke Wijaya. Hanya terdapat keterangan bahwa ibu dari aktris Nia Zulkarnaen itu mengembuskan napas terakhir di usia 82 tahun. Sementara, alamat rumah duka berada di Jalan Kenanga 50 kav. 9, Ampera Raya. Kemang, Jakarta Selatan.

Informasi yang diterima, rencananya jenazah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (4/5/2022) ba’da Zuhur

“Mohon diampuni segala kesalahan-kesalahannya & semoga Amal ibadahnya diterima Allah SWT,” tambah pesan tersebut.

Sementara pengamat film Indonesia, Yan Widjaya dalam akun media sosialnya juga mengabarkan bahwa artis yang lahir di Bandung, 17 Maret 1939 itu meninggal hari ini.

“RIP Mieke Wijaya (Bandung 17/3/1939 – Jakarta 3/5/2022) aktris legend, debut akting lewat film #Gagal/1954. Total bermain 78 film, 30 sinetron (termasuk #Losmen), 3 piala Citra. Suami, aktor Dicky Zulkarnaen (menikah 1965 s/d wafatnya 1995). 4 anaknya termasuk artis-produser Nia Z,” tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari keluarga tentang meninggalnya ibunda artis Nia Zulkarnaen itu.

Sekadar informasi, wanita yang merupakan alumni Akademi Teater Nasional Indonesia itu memulai karirnya pada tahun 1955 dengan membintangi film pertamanya berjudul Gagal. Setelah itu, puluhan judul film sempat diperankan oleh ibunda Nia Zulkarnaen itu di mana “Ayat-ayat Cinta” di tahun 2008 menjadi film terakhir baginya.

Tak hanya piawai berakting di dunia film, Mieke juga sempat membintangi sejumlah sinetron seperti “Rumah Masa Depan” dengan berperan sebagai Ibu Suwito dan Losmen yang melambungkan namanya saat dirinya berperan sebagai bu Broto. Dan di usianya ke 80 tahun di tahun 2019, Mieke juga terakhir memerankan peranan Melati di sinetron “Supir dan Majikan”.

Di Industri perfilman, Mieke juga sempat mengukir prestasi dengan menyabet 3 piala Citra (Festival Film Indonesia) tahun 1967 yakni sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film “Gadis Kerudung Putih”, lalu Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Tahun 1975 lewat film “Ranjang Pengantin” dan Pemeran Utama Wanita Terbaik di tahun 1981 lewat film “Kembang Semusim”. Lalu di Festival Film Bandung tahun 2011 dan Ajang Indonesian Movie Actors Awards, Mieke juga sempat menyabet penghargaan Lifetime Achievement Awards atas karyanya di industri perfilman Tanah Air.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan