Terputar

Title

Artist


Peta Offline Google Maps

Ditulis oleh pada Mei 1, 2022

Terdapat cara praktis untuk menggunakan Google Maps dalam kondisi offline atau berada di luar jaringan. Seperti diketahui selain bekerja sebagai penunjuk arah, aplikasi Google Maps memiliki banyak fitur yang mungkin belum diketahui oleh penggunanya.

Aplikasi Google Maps merupakan layanan peta gratis dari Google. Google Maps dapat diakses lewat peramban (browserweb atau melalui perangkat mobile. Lebih dari 220 negara dan wilayah yang telah dipetakan dan ratusan juta bisnis serta tempat yang tersedia di peta. Anda bisa mendapatkan info navigasi GPS, lalu lintas, dan transportasi umum secara real-time.

Apabila Anda menggunakan smartphone, maka Anda dapat memanfaatkan aplikasi Google Mapsdengan mudah. Aplikasi ini dapat memberikan petunjuk arah untuk Anda, yang berarti ponsel Anda dapat memberitahu Anda kapan saatnya berbelok, putar balik, atau untuk tetap melaju lurus.

Aplikasi ini sangat dibutuhkan dalam memandu Anda ketika hendak menuju suatu tempat belum dikenali. Termasuk menunjukkan jalan mana yang sedang macet. Namun bagaimana jika di tengah jalan Anda kehilangan sinyal operator atau malah saat kehabisan kuota data internet?

Dikutip dari Sohne.net, mengakses Google Maps tanpa internet memang dimungkinkan.

“Jika Anda pergi ke tempat yang jaringan Internetnya lemah atau tidak ada koneksi internet sama sekali, Anda dapat menyimpan area dari Google Maps dan menggunakannya saat offline,” demikian ulasan di artikel tersebut.

Langkah ini memungkinkan Anda untuk mengunduh peta suatu area di Google Maps. Kemudian mengaksesnya seperti biasa meski tidak terhubung dengan koneksi internet. Anda tetap bisa mendapatkan petunjuk arah dan melihat rute, menggunakan navigasi, atau menelusuri lokasi.

Meski demikian, peta offline mungkin tidak tersedia di beberapa wilayah karena pembatasan kontrak, dukungan bahasa, format alamat, atau alasan lainnya. Anda bisa memanfaatkan fitur Google Maps offline, terutama bagi pengguna ponsel Android.Setelah mengunduh suatu area, Anda bisa menggunakan Google Maps seperti biasanya. Anda akan mendapatkan petunjuk arah dan melihat rute, menggunakan navigasi, serta menelusuri sebuah lokasi.

Google Maps akan menggunakan peta offline untuk menampilkan petunjuk arah saat sambungan internet lemah atau bahkan ketika perangkat Anda tidak tersambung koneksi internet sekali pun. Yang perlu ketahui adalah Anda bisa mendapatkan petunjuk arah mengemudi saat offline. Namun tidak halnya dengan petunjuk lain seperti arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan