Terputar

Title

Artist


 Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Dave Laksono mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Rusia Vladimir

Ditulis oleh pada Mei 1, 2022

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Dave Laksono mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghadiri KTT G-20 di Indonesia pada November 2022. Menurut Dave, Presiden Jokowi telah mengambil langkah yang tidak bisa dilakukan negara-negara Barat karena egoisme masing-masing.

“Presiden Jokowi telah membuat gebrakan yang negara-negara Barat tidak mampu karena egoisme masing-masing,” ujar Dave kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Dave mengaku sudah mengingatkan berkali-kali agar Indonesia memanfaatkan momentum G-20 menjadi forum perdamaian khususnya dalam konteks krisis Rusia dan Ukraina. Untuk itu, Dave menilai, sudah seharusnya semua negara terkait, diundang dan dilibatkan.

“Jadi kita undang semua pihak terkait agar bisa menuju kesepakatan perdamaian. Kita hanya menjadi mediator yang di mana melibatkan negara-negara terkait,” tegas Dave.

Lebih lanjut, Dave mengatakan Indonesia juga tidak boleh terpengaruh oleh negara-negara Barat yang memaksa agar Rusia dikeluarkan dari KTT G-20. Langkah tersebut bukanlah langkah bijaksana karena akan mengganggu hubungan baik Indonesia dengan Rusia dan negara-negara pendukung.

“Jadi, Indonesia harus memanfaatkan G-20 sebagai momentum agar Rusia dan Ukraina bisa duduk bersama dan saling mendengarkan, bukan malah membuat G-20 merusak hubungan baik Indonesia dengan negara-negara Eropa Timur khususnya Rusia,” kata Dave.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah mengundang secara resmi Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghadiri KTT G-20 di Indonesia pada November 2022. Bahkan Presiden Jokowi sudah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon agar perang segera dihentikan dan membangun kesepakatan damai.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan