Terputar

Title

Artist


ciri anak pintar sejak bayi? Simak di sini penjelasannya

Ditulis oleh pada Januari 7, 2022

Anak yang pintar biasanya menunjukkan ciri-ciri tertentu dan ini sudah bisa dilihat dari masih bayi. Anak yang pintar lebih cepat tanggap dan punya keterampilan yang baik dalam beraktivitas, perkembangan ini tentu saja dialami anak sejak mereka bayi. Lalu, apa saja ciri anak pintar sejak bayi? Simak di sini penjelasannya.

1. Punya keterampilan komunikasi tang baik

Meskipun belum bisa berbicara dengan jelas, tapi bayi sudah bisa berkomunikasi dengan mengeluarkan ocehan, ini dimulai sejak 4-5 bulan. Dan di suai 12 bulan bayi akan mengucapkan beberapa kosa kata yang dikuasainya. Sementara di usia 18 bulan bayi akan mulai belajar merangkai kalimat. Tetapi, kalau bayi sudah menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik antara 12-14 bulan, ini menunjukkan kalo dia adalah bayi yang pintar.

2. Memiliki fokus yang baik

Ciri bayi yang pintar lainnya adalah fokus saat melakukan sesuatu dan perhatiannya tidak mudah teralihkan. Untuk meningkatkan kemampuan fokus bayi ini, orangtua bisa mengajak mereka bermain permainan puzzle, mendongeng, memperkenalkan huruf atau angka.

3. Mudah meniru

Biasanya bayi sudah pandai meniru apa yang dilihatnya saat berusia 1-2 tahun. Mereka akan meniru suara yang didengar, perilaku orang di sekitarnya termasuk cara dia mencari solusi atas suatu masalah. Tetapi kalau bayi sudah menunjukkan keterampilan ini sebelum usia 2 tahun, itu tandanya dia adalah bayi yang cerdas.

4. Menikmati waktu sendiri

Mungkin bayi selalu dikelilingi banyak orang dan jarang sendirian. Tetapi, kalau mereka bisa menikmati kesendiriannya dengan melakukan sesuatu yang mereka suka seperti bermain, ini salah satu tanda bayi yang cerdas.

5. Memperlihatkan kepekaan emosi

Jangan salah, meskipun masih kecil tetapi bayi juga bisa merasakan emosi orang di sekitarnya. Dan ini bisa dilihat dari cara mereka merespon perubahan emosi orang lain. Misalnya, saat melihat seseorang sedih, kalau mereka juga ikut terdiam atau bahkan memeluk, ini tandanya bayi punya kepekaan terhadap kondisi sekitarnya.

Selain beberapa tanda di atas, ciri lain dari anak yang cerdas sejak bayi dapat dilihat dari rasa ingin tahunya yang tinggi, bisa menyelesaikan masalah, memiliki ingatan yang tajam, kreatif, energik dan lain sebagainya. Kalau anak menunjukkan tanda tersebut artinya mereka tumbuh dengan baik dan cerdas.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan