Terputar

Title

Artist


Kuwil Koarmada II Laksanakan Rekonsiliasi Internal Semester II Tahun 2021

Ditulis oleh pada Januari 5, 2022

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 04 Januari 2022, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Koarmada II, Kolonel Laut (S) Roland Manalu S.T., PSC membuka secara resmi Rekonsiliasi Internal Satker Mako Koarmada II Semester II Tahun 2021 ,yang berlangsung di Ruang Rapat Kuwil Koarmada II Surabaya, Selasa (4/1).

Adapun yang dimaksud Rekonsiliasi yakni merupakan proses pencocokan data transaksi yang diproses dengan beberapa sistem atau Sub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama. Terjadinya perbedaan data transaksi dapat disebabkan oleh Human Error atau sistem aplikasi itu sendiri.

Kakuwil Koarmada II dalam sambutannya mengatakan bahwa rekonsiliasi internal di jajaran satker Mako Koarmada II sangat penting dilakukan, yakni untuk memastikan kesamaan data transaksi sebelum menyusun laporan baik laporan keuangan maupun laporan BMN (Barang Milik Negara).

“Satuan kerja dalam hal ini sebagai Kuasa Pengguna Angkaran atau KPA yang berbeda di jajaran Mako Koarmada II, yaitu Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto .S.H.M.A.P.M.Tr.(Han), Satkor Koarmada II ,Satfib Koarmada II ,serta Denma Koarmada II , berdasarkan amanat undang – undang berkewajiban untuk mempertangung jawabkan APBN yang diterima melalui penyusunan laporan keuangan dalam laporan BMN secara transparan dan akuntabel,” terang Kolonel Roland.

“Penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi SAIBA ( Sistem Akuntasi Internal Berbasis Akrual) dan laporan BMN dengan menggunakan aplikasi Simak – BMN adalah Sub sistem dari Sistem Akuntasi Instansi (SAI) yang merupaka sistem yang tidak bisa dipisahkan dan tidak bisa berdiri sendiri. Karena apabila SAIBA mengiput data salah akan menyebabkan kesalahan pada Simak – BMN sebaliknya demikian juga Simak – Bmn menginput data salah maka akan menyebabkan kesalahan pada SAIBA,” tambahnya.

“Besar harapan Kakuwil Koarmada II dengan adanya Rekonsiliasi Internal ini semoga kita dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi demi kejayaan Angkatan Laut , TNI , Bangsa dan Negara, ” pungkas Kolonel Roland.

(Pen2)


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan