Ditulis oleh pada Desember 30, 2021

Semua orangtua pasti menginginkan anak tumbuh sehat, karena hal itu adalah yang terpenting. Sebab, saat bayi atau anak-anak sakit, kesehatan mereka dapat memburuk dengan cepat.

Maka itu, biasakan diri dengan mengenali tanda atau gejala kondisi kesehatan umum anak-anak yang sering terjadi. Dan bersiap untuk melakukan tindakan jika diperlukan.

Berikut 9 tanda gangguan kesehatan yang umumnya dialami bayi dan anak melansir dari cbhs.com.au;

1. Virus syncytial pernapasan

Respiratory syncytial virus (RVS) adalah penyebab paling umum dari infeksi saluran pernapasan pada anak-anak. RSV menyebabkan infeksi paru-paru dan saluran pernapasan.

Jika anak menderita RSV, mereka akan menunjukkan gejala yang mirip dengan pilek, termasuk batuk dan demam. Perawatan yang dianjurkan adalah istirahat di rumah dan minum sedikit cairan secara teratur.

Jika anak mengalami demam, hidung penuh lendir, atau kesulitan makan dan minum, termasuk batuk berlendir, segera bawa ke dokter. Begitu juga jika anak mengalami dehidrasi.

2. Infeksi telinga

Infeksi telinga sering terjadi pada anak kecil dan sering sembuh dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. Infeksi telinga dapat menyebabkan sakit telinga dan gangguan pendengaran sementara.

Infeksi telinga tengah dan infeksi telinga luar sering terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi telinga dapat menyebabkan demam, batuk, sampai membuatnya menarik dan menggosok telinga.

Segera bawa ke dokter jika gejalanya tidak membaik atau ada nanah atau cairan yang keluar dari telinga. Royal Australia College of General Practitioners (RACGP) merekomendasikan untuk tidak mengobati infeksi telinga pada anak antara usia 2-12 tahun.

3. Gastroenteritis

Gastroenteritis (gastro) adalah infeksi usus yang menyebabkan peradangan pada lambung dan usus. Hal ini dapat menyebabkan diare dan terkadang disertai muntah.

Muntah dapat berhenti cepat, tetapi diare bisa berlanjut hingga 10 hari. Gastroenteritis dapat disebabkan oleh banyak kuman yang berbeda, meski penyebab paling umum adalah infeksi virus atau bakteri.

Cegah gastro dengan mencuci tangan bersih setelah dari kamar mandi. Dan saat mengganti popok atau sebelum memegang makanan.

4. Roseola

Roseola Infantum adalah infeksi virus yang biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak antara 6 bulan-2 tahun. Gejalanya adalah sakit tenggorokan ringan, demam tinggi, kelenjar leher bengkak, sampai ruamh merah muda di dada, perut, dan punggung.

Segera konsultasi ke dokter jika anak mengalami sakit kepala parah atau sakit kepala dengan leher kaku. Jika anak tampak bingung, sangat mengantuk, atau jika terlihat ruam ungu di beberapa tempat, ini mungkin pertanda serius, seperti meningitis.

5. Kejang demam

Kejang demam atau Febrile convulsions dipicu oleh demam. Gejalanya anta lain kekakuan sampai hilang kesadaran.

Temui dokter sesegera mungkin jika anak mengalami kejang kurang dari lima menit. Jika anak sakit sebelum kejang dan mengalami kejang lebih dari lima menit segera cari bantuan medis.