Terputar

Title

Artist


Bersama Pangdam, Pangkalan TNI AL Denpasar Ikuti Penanaman Mangrove Serentak.

Ditulis oleh pada Desember 30, 2021

 

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., menghadiri acara pelaksanakan penanaman secara serentak pohon mangrove dalam rangka menjaga, merawat, mempertahankan serta melestarikan keberadaan hutan Mangrove di Prov. Bali untuk menghadapi dampak perubahan iklim dan menjadi warisan budaya dunia secara turun temurun sehingga bermanfaat bagi pemulihan ekonomi nasional yang dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak bertempat di Balai Pengendalian Perubahan Iklim Bali Nusra Kel. Pemogan Kec. Denpasar Selatan Kota Denpasar Provinsi Bali, Selasa (28/12/2021).

Dalam sambutannya Pangdam IX/Udayana mengatakan saat ini, Bali sebagai tuan rumah perhelatan KTT G20 yang sudah dimulai sejak 1 Desember 2021. Kawasan Mangrove dipilih sebagai salah satu tempat kunjungan kepala negara G20, dan itu merupakan langkah baik untuk memulihkan kembali pariwisata yang ada di Prov. Bali

G20 di Bali akan membahas kebijakan-kebijakan dunia utamanya dalam hal digitalisasi, perubahan iklim, dan ekonomi hijau.

Untuk itu, Indonesia mencanangkan bebas karbon. Sedangkan keberadaan hutan mangrove sebagai paru-paru dunia mampu menyerap emisi karbon cukup efektif.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, manfaat lain dari pohon mangrove yaitu mencegah abrasi air laut, buah mangrove bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan lokal baru sehingga peluang usaha bisa terbuka. Saat ini buah dari pohon mangrove telah dimanfaatkan sebagai makanan ringan, teh, kopi oleh KUB (Kelompok Usaha Bersama) yang diantaranya telah lulus uji BPOM dan mempunyai banyak peminat di pasar lokal, jelas Pangdam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Bali, Gubernur Bali diwakili Kadis Kehutanan dan LH Prov. Bali, Ketua DPRD Prov. Bali diwakili, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Kodam IXUdayana, Walikota Denpasar, Ketua DPRD Kota Denpasar, Komandan Lanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Dandim 1611/Badung, LO AU, AL, Para Asisten Kodam IX/Udayana, Ketua Kelompok Nelayan, Ketua Kelompok Peduli Sungai dan Para Farum Peduli Mangrove.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan