Terputar

Title

Artist


Essential Living punya rekomendasi benda-benda sederhana yang pasti kamu miliki di rumah, yang bisa membantumu mengatasi kekacauan setelah pesta Natal

Ditulis oleh pada Desember 26, 2021

Pesta Natal pastilah merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Keseruan dan kehangatan ketika merayakan Natal bersama keluarga, pasangan, teman tentu saja begitu didamba.

Biasanya ketika berkumpul bersama orang-orang tersayang, yang ada di benak kita tentulah suka cita tiada tara. Yang terpenting hanyalah apa yang terjadi saat itu.

Tapi meski begitu, bukan rahasia lagi bahwa setelah pesta Natal selesai diadakan, tentu akan ada segudang tugas yang harus dibersihkan.

Tubuh lelah habis berpesta, tapi banyak yang harus dibersihkan. Pastilah menjadi mimpi buruk.

Namun, jangan cemas. Essential Living punya rekomendasi benda-benda sederhana yang pasti kamu miliki di rumah, yang bisa membantumu mengatasi kekacauan setelah pesta Natal dengan mudah dan tanpa sakit kepala.

1. Tablet pencuci piring

Makanan Natal biasanya memiliki sisa-sisa yang menempel pada nampan oven. Apabila semakin lama dibiarkan, akan semakin susah untuk dibersihkan. Butuh tenaga ekstra untuk membersihkannya, hingga digosok sekuat tenaga.

Essential Living memberikan tips agar dapat mudah membersihkannya, yaitu dengan menempatkan tablet pencuci piring di baki dan isi dengan air panas yang mendidih. Biarkan terendam selama beberapa jam, sisa-sisa makanan yang menempel akan hilang dengan mudah.

Tips ini juga bisa digunakan untuk membersihkan rak dapur dan wajan. Caranya hampir sama. Kamu hanya perlu lepaskan rak dan tempatkan dalam wadah plastik besar. Tambahkan beberapa tablet pencuci piring, lalu tutupi rak dengan air panas.

Rendam semalaman, bersihkan dengan kain lembut, bilas dan keringkan.

2. Teh celup bekas

Untuk menjaga panci dan wajan bebas dari karat, cukup gosokkan kantong teh bekas yang lembab di sekitar permukaan setelah kamu mencuci peralatan dapur.

Tanin dalam teh akan membentu lapisan pelindung yang mencegah karat.

Selain itu, bisa juga untuk menghilangkan sidih jari berminyak. Caranya dengan masukkan beberapa kantong teh bekas ke dalam botol semprot bermulut lebar dan isi dengan air. Gunakan sedikit pada permukaan kaca, lalu elap dengan kain mikrofiber kering untuk membersihkannya.

3. Lemon

Lemon dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda di kain, mulai dari minyak, saus, hingga anggur merah.

Caranya mudah. Cukup peras beberapa tetes lemon langsung ke noda dan biarkan meresap selama 15 sampai 20 menit.

Lemon dapat menghilangkan noda karena merupakan asam yang sepenuhnya alami dengan aksi pemutihan ringan. Hal ini membuat jus lemon menjadi alternatif yang baik untuk bahan kimia keras seperti pemutih, yang dapat merusak kain halus.

Untuk hasil terbaik, letakkan beberapa kertas tahan minyak di atasnya saat lemon meresap untuk meningkatkan penyerapan.

Apabila kamu tidak yakin apakah kain yang ternoda dapat bereaksi dengan lemon, uji pada area tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada perubahan warna atau kerusakan.

4. Kertas timah bekas

Kertas timah bekas bisa digunakan untuk menggosok piring oven dan panci stainless steel. Tapi, hindari menggunakan ini pada panci anti-lengket karena akan menggores dan merusak panci.

Caranya menggunakan kertas timah ini adalah dengan meremas kertas timah menjadi bola, lalu basahi dan gosok perlahan ke bagian yang kotor. Jika foil mengering, celupkan kembali ke dalam air atau ambil potongan baru.

Aluminium dalam foil memiliki kemampuan untuk mengatasi minyal yang lebih keras dibandingkan kain.

Selain itu, bisa dengan menaburkan wajan dengan lapiran garam dan lemon yang tebal yang akan membantu menghilangkan kotoran lebih banyak lagi.

5. Sikat gigi

Sikat gigi adalah cara tepat untuk membersihkan kotoran. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu lapisi dengan kain putih kemudian oleskan air hangat atau cairan pembersih ke noda dan gunakan sikat gigi untuk menggosok.

Gerakan menggosok sikat gigi ini lakukan dengan gosok ke luar, bukan ke dalam. Jangan lupa untuk selalu keringkan dengan lembut.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan