Terputar

Title

Artist


TNI AL LATIHAN SAR DI PERAIRAN SELAT BALI

Ditulis oleh pada Desember 21, 2021

 

Guna terus mengasah kemampuan dibidang Rescue Prajurit Pangkalan TNI AL Banyuwangi bersama Tim SAR Laut, serta instansi terkait lainnya melaksanakan latihan bersama di perairan selat Bali, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Sabtu (18/12/2021).

Dalam Latihan SAR disimulasikan dengan adanya kecelakaan laut (Laka Laut) KMP Untung Jaya (red – nama bukan sebenarnya) saat berlayar dari Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang menuju Pelabuhan Penyeberangan ASDP Gilimanuk mengalami kebakaran di kamar mesin akibat Generator Auxiliary Engine terbakar, api tidak dapat dipadamkan oleh ABK KMP Untung Jaya dengan mengunakan pemadam portable dan api semakin membesar diakibatkan terdapat tumpahan minyak.

Kapten Kapal KMP Untung Jaya tersebut segera meminta Bantuan menggunakan alat Komunikasi HT terhadap seluruh kapal dan instansi terkait, berita kebakaran direspon oleh LPS Ketapang, Korsatpel dan diteruskan ke KSOP Tanjung Wangi sebagai kordinator pengambil tindakan.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP), Dinas Perhubungan Laut selaku kordinator lapangan terhadap Laka Laut bergerak cepat meminta dukungan bantuan unsur – unsur SAR Laut yang dikerahkan antara lain, KAL Rajegwesi Lanal Banyuwangi, KN.P 5029, KN.P 52007, KN Granti, KP Polair, RIB Basarnas, RIB Trasko Kerapu, TB Perkasa, KT Joyoboyo, 2 mobil Patroli, 2 mobil Ambulance.

Dengan gerak cepat semua unsur tim penyelamat Laka Laut sehingga kebakaran di KMP Untung Jaya dapat dipadamkan sedangkan penumpang dapat diselamatkan dan dipindah ke KMP Dewa Zeus (red – bukan nama sebenarnya), tidak ada korban jiwa dan kerugian hanya pada material mesin kapal dan 1 unit mobil mini bus terbakar ringan dalam skenario latihan SAR Laut Gabungan.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan