Terputar

Title

Artist


Koarmada III Gelar Lomba Renang Militer dan Menghias Nasi Tumpeng

Ditulis oleh pada November 30, 2021

 

Dalam rangka menyambut Hari Armada Republik Indonesia tahun 2021, Komando Armada (Koarmada) III menggelar lagi lomba ketangkasan prajurit Matra Laut, yaitu lomba renang militer estafet di kolam renang TNI Angkatan Laut “Tirto Sagoro-6” Katapop, Sorong, Papua Barat, Selasa (30/11/2021).

Lomba renang militer tersebut diikuti seluruh Satuan Kerja jajaran Koarmada III yang dikelompokkan dalam 12 tim gabungan, tiap-tiap tim terdiri dari empat perenang dengan jarak 4 x 50 meter gaya bebas. Penilaian untuk menentukan juara berdasarkan waktu tercepat.

Sehari sebelumnya, Koarmada III telah melaksanakan lomba ketangkasan prajurit yang meliputi renang laut, komunikasi isyarat bendera dan pluit, dayung perahu karet, bongkar pasang senjata, serta ditutup hingga finish lari 1 km.

Selain tangguh dan perkasa di laut, prajurit Koarmada III juga memiliki jiwa seni dan humanis yang tinggi sebagaimana ditampilkan pada lomba renang militer, dilanjutkan lomba menghias tumpeng. Sesuatu yang luar biasa, setelah berenang, dilanjutkan menghias tumpeng. Aspek penilaian meliputi estetika, kerapian, kebersihan dan kreativitas.
Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny. Yuanita Irvansyah dalam sambutannya mengatakan, Lomba Menghias Tumpeng ini digelar dalam rangka memeringati Hari Armada RI tahun 2021. Selain itu, lomba ini juga sebagai momentum untuk menggali bakat dan kreativitas keluarga besar Koarmada III yang dimungkinkan memiliki bakat terpendam dalam bidang kuliner dapat disalurkan melalui lomba ini.

Lomba ini diikuti seluruh Satker jajaran Koarmada III yang tergabung dalam 12 kelompok. Tiap-tiap kelompok menyiapkan tumpeng porsi besar (porsi 20-25 orang), untuk dinilai oleh Dewan Juri dari PD Jalasenastri Armada III. Setiap kelompok terdiri dari dua personel kombinasi Prajurit, Kowal dan Ibu Jalasenastri.
Lebih menarik lagi, tiap kelompok, selain tumpeng, juga menyiapkan sendiri piring makan dan sendok makan untuk santap bersama seluruh prajurit setelah penilaian Dewan Juri. Nikmatnya, diawali lomba renang diakhiri makan nasi tumpeng bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan