Terputar

Title

Artist


Hari Guru Di SMK KAL-1 , Hadirkan Pelaku Sejarah

Ditulis oleh pada November 25, 2021

 

Surabaya,(25/110).Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya Kamis,(25/11/21) menyelenggarakan peringatan Hari Guru dihalaman sekolah dengan Inspektur upacara Kepala Sekolah Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si.

Peserta upacara terdiri seluruh guru, karyawan dan siswa di semua jurusan, Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Video (TAV) dan Teknik Logistik mulai kelas X hingga kelas XII.

Peringatan Hari Guru tahun 2021 mengambil tema “ Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan “ pelaksanaannya di SMK KAL-1 kali ini sangat istimewa, karena dapat menghadirkan pelaku sejarah, seorang mantan Kepala Sekolah di tahun 1994/1997 Mayor Laut (E) Mintarso yang juga sebagai alumni SMK KAL-1 ( saat itu masih bernama STMC AL) tahun 1965 serta seluruh guru dan karyawan menggunakan pakaian adat.

Sabutan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Kepsek di depan seluruh peserta upacara bahwa : .
Guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi. Guru se-Indonesia menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis. Guru se-Indonesia menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda. Guru se-Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi. Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman.

Sejak pertama kali kami cetuskan, sekarang Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama. Gerakan ini tidak bisa dibendung atau diputarbalikkan, karena gerakan ini hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Karena itulah, saya tidak akan menyerah untuk memperjuangkan Merdeka Belajar, demi kehidupan dan masa depan guru se-Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu pelaku sejarah Mayor Laut (Pu) Mintarso kepada seluruh guru dan karyaan dalam pesannya kepada seluruh guru dan karyawan SMK KAL -1 mengajak bahwa “ Mari kita bekerja enak, Tapi jangan seenaknya”, ungkapan ini memiliki makna yang sangat dalam, seorang guru di tuntut untuk bekerja keras, ikhlas, dapat menjadi panutan bagi siswanya dan seorang guru harus selalu belajar sesuai dengan tuntutan zaman “tuturnya”.

Diakhir pertemuannya Kepala Sekolah SMK KAL-1 menyerahkan cindera mata dan tali asih kepada Pelaku Sejarah Mayor Laut (Pur) Mintarso, harapannya semoga kelak di kemudian hari masih ada keemptan untuk memberikan sumbangsih pemikiran demimkemajuan SMK KAL-1 di masa mendatang(yht/dar).


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan

Email anda tidak ditampilkan. Wajib jika ada tanda *