Terputar

Title

Artist


Putra-Putra Terbaik Indonesia Ikuti Program Dikmata TNI AL XLI/2 TA 2021 di Kodiklatal

Ditulis oleh pada November 19, 2021

Jaga Stamina Dankodiklat TNI AL Ajak Gowes Bareng Bersama Pejabat Utama

 

Kodiklatal Sidoarjo, 19 November 2021.Sebanyak 842 putra-putra terbaik dari seluruh wilayah Indonesia mengikuti program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 2 TA 2021 di Pusat Latihan Pendididikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berlokasi di Juanda Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, Jumat, (19/11/2021).

Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di Lapangan Samudera Puslatdiksarmil Kodiklatal tersebut dipimpin langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan dihadiri para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Kadispsial dan Wadan Pasmar 2 Surabaya.

Kepada seluruh siswa Dikmata TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 2 TA 2021 Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang lolos dalam seleksi penerimaan calon siswa Dikmata TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 2 TA 2021, sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi telah memilih TNI AL sebagai tempat pengabdian kepada bangsa dan negara, karena tidak semua pemuda yang mempunyai hak bela negara memiliki cita-cita untuk menjadi prajurit TNI AL.

Untuk itu, Dankodiklatal berharap perjuangan yang telah ditunjukkan selama mengikuti seleksi mulai tingkat daerah hingga pusat, hendaknya diteruskan dengan mengikuti semua program pendidikan sebaik-baiknya, agar kelak menjadi prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas.

Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa pendidikan ini secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 10 sampai dengan 11 bulan yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama, pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, tahap kedua pendidikan dasar golongan selama 2 bulan, yang semuanya dilaksanakan di Puslatdiksarmil, dan tahap ketiga Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) di Pusdik-Pusdik terkait, selama 4,5 sampai dengan 6 bulan sesuai kejuruan masing-masing

Adapun tujuan Dikmata ini adalah untuk mendidik dan membekali calon tamtama TNI AL menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialisasi sesuai kejuruannya, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai tamtama TNI AL dimanapun ditempatkan pada satuan pengguna, baik di satuan operasi, staf serta satuan TNI AL lainnya.

Dalam pendidikan tahap dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil ini, fisik dan mental para siswa akan digembleng secara intensif dan sistematis dengan tidak memandang waktu siang maupun malam. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan para siswa yang semula berasal dari masyarakat umum menjadi prajurit matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani dalam setiap pelaksanaan tugas.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan